Video

Rolling Girl

Istilah kerennya adalah Bullying. Tapi kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, artinya kurang lebih adalah penindasan atau penganiayaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online Penganiayaan bisa diartikan sebagai:

penganiayaan/peng·a·ni·a·ya·an/ n perlakuan yang sewenang-wenang (penyiksaan, penindasan, dan sebagainya): kita tidak boleh membiarkan ~ itu terus berlangsung;~ berat Huk perbuatan kekerasan dengan sengaja terhadap seseorang sehingga mengakibatkan cacat badan atau kematian

Atau mungkin dengan makna kata penindasan, yaitu:

penindasan/pe·nin·das·an/ n proses, cara, perbuatan menindas: memperlakukan dengan sewenang-wenang (dengan lalim, dengan kekerasan); menggencet; memperkuda (memeras dan sebagainya)

Dengan makna kata apapun, dapat diambil kesimpulan bahwa Bullying adalah perilaku yang sewenang-wenang secara sengaja kepada orang lain yang mampu menimbulkan efek cacat badan ataupun kematian.

Ok, terus apa hubungannya dengan video diatas?

Well, sebenarnya waktu nonton video lagu diatas entah kenapa saya malah jadi kepikiran dengan satu kata tersebut. Bagi yang belum tahu, mari saya perkenalkan.

Video diatas dinyanyikan oleh Hatsune Miku, Diva Net paling beken sedunia, Vocaloid Synthesizer. Judul lagu diatas adalah Rolling Girl yang diproduseri oleh Wowaka.

Seperti biasa, lirik lagunya sendiri terbuka untuk terjemahan apapun. Para penontonnya bebas mengambil kesimpulan dari maksud lagu itu. Emang repot sih, tapi disitulah menariknya mendengarkan lagu nyanyian para Vocaloid. Nyanyian mereka lebih realistis dan kena dengan kehidupan sehari-hari kita, dibandingkan dengan nyanyian yang ababil dan lebay. Dan tenyata saat saya buka wikipedia vocaloid, mereka juga menyatakan bahwa lagu ini memang paling banyak diinterpretasikan sebagai tema bullying, dikucilkan dan kegagalan hidup.

For lonely girls, it’s always the same, dreaming dreams that don’t come true
And churning, churning through the clamor in their heads

A lonely girl mutters “I’m fine”, have words failed her?
A failure, a failure.
Obsessing over her mistakes makes everything spin again!

Disini kalau saya mengartikan seorang gadis yang kesepian karena dibully. Dia terus meyakinkan dirinya sendiri bahwa semua akan baik-baik saja, tapi terus gagal karena dia dibully terus-terusan.

One more time, one more time
“I’ll roll along again today”
The girl said, the girl said
Breathing life into the words!

“How about now?”

“Not yet, we still can’t see what’s ahead. Hold your breath, now.”

Dan ini adalah kata-katanya untuk menyemangati diri bahwa semua akan baik-baik saja. Kata Rolling itu saya mengartikan sebagai ya udah, dia akan ikuti aja apa yang terjadi. Yang pasti dia akan terus bertahan.

Sementara untuk laki-laki itu siapa? Yah, kalau saya sih mengartikan laki-laki itu menggambarkan kekuatan mental si gadis yang kesepian. Dia bertanya, gimana? Masih kuat enggak dibully terus? Dan si cewek masih bertahan untuk terus menjalani kehidupannya.

This is how it ends for a Rolling Girl, unable to reach the colors on the other side
The overlapping voices, they blend together, blend together

She mutters, “I’m fine.”, but the words fail her
Not caring how it ends
An upward climb that invites mistakes

Dan si gadis kesepian ini masih terus bertahan, walaupun dia sendiri juga udah sadar semuanya udah sia-sia. Yah, saya mengartikan ini dari kata-katanya diatas unable to reach the colors on the other side yang mungkin berarti udah batas kemampuan si ceweknya untuk bertahan.

She mutters, “I’m fine.”, but the words fail her
Not caring how it ends
An upward climb that invites mistakes

One more time, one more time
Please, get me rolling
The girl said, the girl said
With her intense silence!

“How about now?”

“Just a little more, we should see something soon. Hold your breath, now.”

Dan si cewek masih mencoba bertahan, walaupun kelihatannya dia udah capek banget. Bahkan di videonya tubuh si cewek juga mulai banyak luka. Tapi dia masih bertahan.


One more time, one more time
“I’ll roll along again today”
The girl said, the girl said
Breathing laughter into the words!

Sekuat-kuatnya orang kalau ditekan terus stress lah jadinya. Akhirnya sang cowok atau kekuatan mental sang cewek akhirnya bilang juga…

“How about now? OK, you can look. You must be exhausted too, right?”

Kamu udah capek kan?

Dan apa kata si cewek akhirnya?

Stop breathing, now.

Tamatlah sudah.

Dan ini mungkin kalau kasus bullyingnya udah ekstrim banget, berakhir pada cacat badan dan kematian.

Guys, bullying itu bisa benar-benar mengerikan loh. Karena kalau kita anggap remeh bullying dalam bentuk apapun, berarti kamu sudah siap untuk ditanya sama Allah di akhirat sana mengenai bullying dan dibully ini. Dan kalau kayak begitu, siap-siap aja tanggung jawab di akhirat nanti.

Tapi herannya, kenapa sih sinetron Indonesia kita demen banget melakukan bullying ini? Lagi trend dan mode? Entahlah. Hanya para penulis skenario film itu aja yang mengerti.

Lalu tugas kita sebagai muslim muslimah apa?

Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya), dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan (Qs al-Anbiyâ’/21:35)

Bahkan Allah SWT juga menjelaskan dalam firmannya bahwa kita akan diuji dengan berbagai macam hal, baik hal yang menyenangkan maupun hal yang menyedikan.

Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa (seseorang) kecuali dengan izin Allâh; barang siapa yang beriman kepada Allâh, niscaya Dia akan memberi petunjuk ke (dalam) hatinya. Dan Allâh Maha Mengetahui segala sesuatu (Qs at-Taghâbun/64:11)

Setiap manusia pasti akan mengalami musibah yang merupakan ketentuan dari Allah SWT. Akan tetapi jika manusia bersabar untuk menghadapinya, maka Allah SWT akan memberi petunjuk pada hambaNya dan akan mengganti hal yang hilang dengan hal yang lebih baik.

Karena itu, tak peduli kesulitan apapun yang kamu lalui, bahkan misalnya kamu adalah korban bullying sekalipun, bersabarlah. Karena kamu punya Allah SWT Yang Maha Besar. Kalau kamu sudah dilindungi oleh Allah, apalagi yang perlu kamu takutkan?

 #OneWeekOnePaper

#Challenge Cie Cie

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s