Anak Santri Itu Hebat!

Anak Santri Itu Hebat!

Itu menurut saya loh. Jadi, apa yang saya tulis disini murni adalah kelebay-an saya sendiri. Jangan terlalu dimasukkan dalam hati dan jangan dijadikan rujukan apapun. Percayalah, ini penilaian subyektif yang sangat lebay dan tidak ada unsur ilmiah sama sekali.

Jadi, kembali ke topik. Anak santri itu hebat! versi saya. Kenapa?

  1. Mereka tahu apa itu Kitab Kuning

Sementara saya? Kitab kuning bagaimana bentuk dan rupanya aja kagak tahu. Apakah dia benar-benar sebuah kitab berwarna kuning? Ataukah hal yang lain?

Ini versi saya yang lebay ya. Sebelum saya kenal sama kakang Google, saya gak tahu bagaimana itu kitab kuning.

2. Mereka bisa baca huruf gundul

Lah, kalau saya? Bisa baca doa dengan huruf gundul dibelakang Quran aja itu udah sesuatu banget! Kalau mereka? Mungkin kayak baca koran atau buku aja kali ya, lancaaarrrrr

3. Bisa bahasa arab

Oh come on! Kalau mereka gak bisa bahasa arab gimana caranya mereka baca kitab kuning?

4. Ibadahnya rajin

Gak perlu dijelasin lagi kan?

5. Hapal Quran dan hadis

Saya iri sekali sama kehebatan mereka yang ini. Dah aku mah apa atuh? Juz 30 aja masih seret 😥

6. Kitab yang mereka pelajarin tebal dan banyak.

Ayahku punya kitab Ihya Ulumuddin dan itu bukan sekedar satu atau dua buku, tapi ada sepuluh lebih kitab yang tiap kitab tebel banget. Lupa juga ada berapa kitab, yang pasti banyak. Kalau sekarang mungkin kitab-kitab itu mahal kali ya?

7. Masalah suatu hukum mereka lumayan jago (kalau mereka paham hukumnya)

Di grup jejepangan yang saya ikutin, pendiri komunitasnya itu anak pesantren dan kalau kita tanya suatu hukum dia lancar banget ngejelasinnya. Ngomognya udah cas cis cus gitu deh dan kalau dia udah ngejelasin hukum, kita harus siap pena dan kertas. Lumayan euy, ilmu hukum dan fiqh diterima secara gratis 😛

8. Mereka selalu berlomba dalam kebaikan

Masih pendiri di komunitas jejepangan yang saya ikutin. Mereka selalu berlomba dalam kebaikan dan selalu mengingatkan kami semua. Mungkin kalau diistilahkan mereka macemnya preman di pesantren mereka, tapi masyaa allah, ilmunya itu TOP banget dan kami yang rada paham juga mengakui ini kok.

9. Ilmu mereka luas

Atau karena mereka memang mendalami banget ya ilmu agama ini makanya kelihatannya beda banget sama kita yang cuma ngedalamin masalah IPA dan IPS?

10. Dan masih banyak lagi… 😛

hahaha… gak tahu apalagi, tapi beberapa teman alumni pesantren yang saya punya itu memang OK banget. Gak bisa dideskripsikan dengan kata-kata karena kalian harus lihat langsung orangnya.

Saya ngiri banget sama mereka. Saya kan paling demen belajar Sejarah Islam, tapi sayangnya kan saya gak masuk pesantren. Pingin banget belajar Sejarah Islam tapi secara mendalam kayak anak santri begitu. Apalah daya, saya gak masuk pesantren. Untung ada kakang Google seenggaknya masih bisa cari ilmu, walau mungkin gak selengkap kayak anak santri.

Kalau masa depan nanti punya anak mungkin bisa ditawarin ke anakku, dia mau masuk pesantren atau enggak? 😛

#OneWeekOnePaper

#Challenge Cie Cie

Leave a Reply

