Jalan-Jalan

Gue ke Taman Bunga Nusantara.

Yee~ perusahaan suami gue mau ngadain perpisahan buat salah satu manager di perusahaan itu. Jadi para bawahannya sepakat buat bikin perpisahan sambil nginep satu malam di daerah Cipanas, yaitu Taman Bunga Nasional. Emang sih harus bayar, tapi heei~ di dunia ini mana ada sih yang gratisan padahal kalau mau ke kamar mandi aja kita harus bayar. Akhirnya jadilah kamii kut acara family gathering perusahaan suami gue, tujuan Taman Bunga Nasional dan nginep satu malem.

Sebenarnya perjalanannya biasa-biasa aja sih. Tenang. Palingan mampir di beberapa tempat peristirahatan tol yang gue dan suami gue manfaatin buat ke kamar mandi dan belanja cemilan macem-macem. Sisanya selama perjalanan tidur aja, Acnya kenceng banget jadi mau gak mau buat tidur pasti enak.

Sampai ke tempat penginapan di Cipanas sekitar jam 11 siang. Agak cepet juga dan diluar dugaan, padahal kami berangkatnya kesiangan karena harus nungguin salah seorang peserta yang datangnya luar biasa telatnya. Tapi…ternyata perjalanan baik-baik saja bahkan termasuk cepet. Sampai ke penginapan palingan cuma rempong pembagian kamar tidur, tapi itu juga bukan hal besar sih. Karena acaranya bener-bener bebas, kecuali acara makan dan acara sore sampai malam untuk keakraban para pegawai perusahaan, gue bebas leha-leha sana sini. Bener-bener acara yang tenang,santai dan bebas.

Sorenya ada acara belajar main angklung. Lumayanlah~ gue yang belom pernah main angklung jadi bisa – bisa sedikit main alat musik tradisional satu itu. Dan malamnya adalah acara keakraban untuk pegawai perusahaan dan gue diperkenalkan sebagai istri dari suami gue yang kerja di perusahaan itu. Iyalah emang mau dikenalkan sebagai apalagi?

Dan sekitar jam sembilan malam gue langsung diusir sama suami gue untuk balik ke kamar karena dia udah firasat para atasan pasti akan mulai acara karaokean. Dan emang bener…setelah gue balik ke kamar dan selesai ritual mau tidur suara nyanyian karaokean itu kedengaran ke kamar gue yang posisinya agak terpisah sama kamar-kamar yang lain. Dan lagunya….? Mameeen…gaul habis… lagunya Poco-Poco. Lagu senam jaman gue masih SMP.

Tapi karena berhubung gue udah ngantuk banget gue tidur aja. Lampu kamar dimatiin dan tv dibiarin hidup, biar agak rame aja suasana kamar. Bangun-bangun sekitar jam empat pagi. Memang sengaja nyalain alarm jam segitu biar gue bisa tahajudan dan gak kesiangan subuh. Terus ngemil-ngemil sebentar di ruang makan, makanin cemilan yang udah sengaja dibawain sama para panitianya, Roti dan Popmi sambil minum teh tawar hangat. Berikutnya saat semua orang pada senam pagi gue mandi aja, pasalnya kamar gue penghuninya banyak sementara kjamar mandi Cuma satu. Mana waktu untuk beres-beres juga mepet. Alhasil daripada berebut mandi gue bolos aja senam pagi dan langsung mandi pagi, beres-beres dan berikutnya sarapan. Pas semua orang lagi rempong mandi dan sarapan gueudah beres semuanya, palingan duduk di depan tv barengan anak-anak kecil lain dan nonton doraemon, itu minggu pagi.

Semuanya beres deh, kami check out dan berikutnya jalan-jalan ke Taman Bunga Nusantara yang tinggal nyeberang aja dari penginapan. Memang penginapan yang dipakai itu masih satu kawasan sama taman bunga jadinya gak terlalu rempong. Dodolnya gue adalah jelas-jelas itu taman bunga tapi gue gak ngeh dan masih berpikir itu adalah Taman Buah Mekarsari dan baru sadar itu adalah taman yang berbeda beberapa menit setelah gue masuk kawasan taman bunga itu. Sungguh dodol terlalu.

IMG-20160424-WA0001

But gue sih eneng-seneng aja, palingan yang bikin BT adalah acara foto-fotoan yang gak selesai-selesai dan kelamaan banget. Gue bukannya anti foto-foto tapi gue juga bukan tipe orang suka selfie dan foto-foto yang lama gak kejuntrungan, alhasil selama sesi foto gue Cuma pasang senyum hambar aja. Untung aja acara foto-foto itu selesai dan kita boleh jalan-jalan sendiri, tapi sebelumnya kami diingetin kalau jam sebelas kurang seperampat kami harus kumpul di pintu masuk karena mau keliling taman bunga naik kereta. Daaannn itu udah jam sepuluh…wakks banget. Akhirnya Gue dan suami gue kabur jalan-jalan sendiri dan muter-muter taman bunga, bodo, amat kalau sampai ketinggalan kereta.

Daann… taman bunga itu lumayan sih, maksudnya lumayanlah indah dengan banyak bunga. Lagian kawasan itu juga peninggalan Pak Soeharto atas permintaan Bu Tien, jadinya layak dikasih jempol sebanyak-banyaknya. Kami muter-muter taman bunga itu jalan kaki. Capek sih, tapi puas, lagian begitu capek kami mampir beli minum tau enggak duduk-duduk sebentar di kursi kayu sambil makan es krim.

20160424_095720

Ada hal yang bikin kami BT yaitu pengunjung lain yang buang sampah sembarangan! Kami lagi duduk ngaso sambil makan es krim, gak jauh dari kursi kami ada pasangan pacaran yang heboh habis selfie sana-sini dengan gaya baju beken banget. Sampah botol, plastik dan macem-macem lain berserakan di kursi mereka padahal tempat sampah Cuma dua langkah dari tempat mereka! Bayangin! Cuma dua langkah! Akhirnya setelah selesai selfie sana-sini mereka ngabisin minman botol mereka dan udah ditaruh gitu aja dan langsung ngacir entah kemana! Gue sama suami Cuma bisa geleng-geleng kepala aja, ngabisin es krim kami lalu ngebuangin sampah kami dan mereka ke tempat sampah terdekat. Ya ampuuunnn…. sifat mereka kalau banget dibanding gaya baju mereka. Disini gue belajar banyak, baju boleh OK tapi kalau gak buang sampah pada tempatnya sama aja bohong! Padahal kalau mereka buang sampah di tempatnya itu gak bakal mengurangi kekerenan baju yang mereka pakai kok.

Setelah selesai ngaso kami jalan-jalan lagi muter-muterin yang belom dilihat, taman Jepang dan Rumah Kaca. Dan tetntu aja selama muter-muterin taman bunga itu kami gak lupa foto-foto. Yah, sebenarnya yang difotoin itu gue karena suami gue gak mau sama sekali untuk difoto. Seenggaknya butuh waktu satu jam lebih sampai kami selesai muterin taman bunga itu dan balik lagi ka pintu depan. Daaannn~ ternyata, yang nungguin kereta buat muter ternyata belom berangkat. Padahal udah lewat lebih dari 45 menit sampai waktu yang ditentukan untuk nunggu kereta, tapi mereka semua terjebak stuck di tempat nunggu kereta dan gak muter sama sekali. Terang aja gue dan suami gue bangga dooonggg. Taman udah selesai diputerin dan kita bakal muter lagi sama kereta, jelas kami menang banyak. Daan tebak, baru pukul 12 siang kami baru dapet kereta untuk muterin taman bunga, makin senenglah gue karena menang banyak.

Karena udah siang dan waktunya makan siang, kami makan di kolam angsa yang punya patung gede Dewi yang menurut cerita itu ibunya Pandawa Lima. Kami makan di gazebo kolamnya sambil mandangin ikan yang gede-gede, angsa putih yang dikejar-kejar sama pelikan dan angsa hitam yang ngumpet entah dimana. Selesai makan kami sholat Zuhur dijamak Ashar, muter-muter dikit dan pulang deh. Sebelumnya gue sempet naik bianglala yang pemandangannya lumayan asyik juga. Disana juga ada arena ikan yang ikannya bisa makan kulit-kulit mati kita, lupa deh namanya apaan tapi intinya begitu. Sayang durasi waktunya 30 menit sementara waktu yang kesisa untuk jalan-jalan enggak selama itu akhirnya kami mutusin untuk balik lagi ke pintu depan dan langsung naik bus. Sempet liat-liat bunga yang dijual di pasar bunga sih tapi kami gak beli. Agak mahal dan juga rempong bawa pulangnya, jadinya gak beli deh.

Berikutmya kami duduk manis di dalem bus terus tidur deh. Bus sempet berhenti sih di tempat oleh-oleh tapi kami gak niat sedikitpun untuk beli oleh-oleh. Palingan Cuma mampir ke kamar mandi dan beli teh hangat sama popmi karena gue pilek. Mungkin karena kecapekan kali ya…karena kalau gue kecapekan emang pasti udahannya selalu pilek. Mampi dulu lewat UKI buat ngedrop mereka yang memang mau turun di daerah situ. Lalu ke Bekasi Barat kemudian baru sampai ke Cibitung sekitar jam setengah sembilan malam. Setelahnya gue pilek total dan baru sembuh besoknya. Beneran pilek karena capek jalan-jalan~.