Robert Galbraith: Dekut Burung Kukuk

“Apakah lebih mudah pada kali kedua?” – Cormoran Strike pada Pelaku.


Judul Asli: The Cuckoo’s Calling

Judul Buku Terjemahan: Dekut Burung Kukuk

Pengarang: Robert Galbraith

Alih Bahasa: Siska Yuanita dan M. Aan Manyur

Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit Beserta Cetakannya: Cetakan Ketiga, Febuari 2014

Dimensi Buku: 520 halaman; 23 cm

Harga Buku: Rp 99.500 (11 Mei 2016)


Novel Dekut Burung Kukuk menceritakan karakter bernama Cormoran Strike, seorang pensiunan militer yang dipulangkan dari medan perang karena menderita fisik. Untuk menghidupi dirinya, ia membuka kantor detektif partikelir, berbekal pengalamannya selama militer sebagai Divisi Cabang Khusus, divisi militer yang bertugas melaksanakan investigasi bila terjadi kasus kejahatan dalam tubuh militer.

Tidak hanya mengalami luka fisik, Strike juga mengalami luka psikis yang berasal dari latar belakang keluarganya dan juga kehidupan romantismenya. Dalam keadaan yang benar-benar buruk dan bangkrut, Strike menerima investigasi sebuah kasus mahal dimana seorang Supermodel ditemukan meninggal dalam keadaan tidak wajar. Dimulailah kisah investigasi Cormoran Strike, ditemani asistennya yang memang bercita-cita ingin menjadi seorang detektif Robin Ellacott, untuk mengungkap rahasia kematian sang Supermodel yang tidak wajar.

Robert Galbraith adalah nama pena untuk J.K. Rowling, penulis terkenal dalam seri Harry Potter. Akan tetapi jangan mengharapkan novel ini akan sama menariknya dengan Harry Potter, karena itu akan membuat kecewa bagi pembaca yang hanya sekedar mengejar kesuksesan J.K. Rowling. Cuckoo’s Calling ini bercerita mengenai kisah yang lain. Alur dan gaya bahasa yang digunakan juga sangat berbeda dengan seri Harry Potter. Dalam novel ini, gaya bahasa dan alur yang digunakan memiliki rating yang dewasa dikarenakan banyaknya kata-kata makian, penggambaran yang sensual mengenai seks bebas serta deskripsi sadis pembunuhan yang banyak bertebaran dalam cerita ini.

Bagi para penggemar kisah Detektif, menurut saya novel ini layak diikuti karena novel ini menggambarkan sistem metodis bagaimana tokoh detektif melakukan investigasinya. Selain itu digambarkan juga dengan jelas bagaimana sulitnya melakukan investigasi dan wawancara dan betapa setiap keadaan tidak selalu berpihak kepada sang detektif.

Buku ini layak dibaca oleh pembaca dewasa yang memang menggemari kisah detektif, meskipun bagi mereka yang mengejar J.K. Rowling pun layak mengonsumsi buku ini. Hanya perlu ditekankan bahwa buku ini ditulis Roberth Galbraith, bukan J.K. Rowling.

Advertisements

One thought on “Robert Galbraith: Dekut Burung Kukuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s