NHW#6 -Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal

Kegiatan sehari-hariku sebagai Ibu Rumah Tangga kalau misalnya harus ditulis terbagi jadi dua, kegiatan yang penting dan kegiatan tidak penting.

Kegiatan penting setiap hari adalah:

  1. Berbenah rumah

Ini wajib dan enggak boleh enggak. Yang masuk dalam kegiatan ini adalah nyapu, ngepel, bersih-bersih rumah, masak, nyetrika. Pokoknya all about kegiatan rumah masuk dalam hal ini.

  1. Main laptop

Kalau ini juga masuk kegiatan penting sih. Yang dimaksud main biasanya nulis, memenuhi jatah nulis seribu kata perhari, cari-cari informasi dan berita terupdate dan lain-lain yang bisa dikerjakan dengan menggunakan laptop, terutama kalau download lagu atau filem 😛

  1. Membaca buku

Sebenarnya ini lebih ke arah passion aja sih. Selain mengerjakan hobi kan juga lumayan nambah-nambah pengetahuan, terutama ilmu agama.

Nah, kalau kegiatan yang enggak penting? Hmm, mikir-mikir dulu. Kegiatan apa aja yang sudah kulakukan tapi enggak penting?

  1. Tidur siang

Yah, kalau emang capek banget gak apa-apa kan tidur siang juga? Terutama kalau lagi males dan gak tau mau ngelakuin apa, tidur siang jadi pilihan utama 😛

Selain tidur siang? Hmm, apa lagi ya? Kayaknya enggak ada lagi. Atau lagi gak sadar aja? Kurang tahu juga deh 😛

Tapi setelah resign kerja dan full sebagai IRT kegiatan yang kulakukan untuk mengurus rumah biasanya berkisar di poin satu kegiatan penting. Malahan setiap harinya dalam satu minggu pada satu bulan udah terjadwal kegiatan apa saja yang harus dilakukan demi menciptakan suasana yang nyaman dalam rumah. Dan setiap harinya kegiatan beres-beres rumah ini sudah terjadwal dilakukan sejak pukul setengah enam pagi full sampai pukul dua belas siang, jadi setengah hari sudah terprogram kegiatan ini yang harus dikerjakan. Alhamdulillah saat ini masih berdua aja sama suami, jadi walhasil kegiatan beres-beres rumah ini menjadi kegiatan dominan setiap hari.

Ok, alhamdulillah semua kegiatan penting saya itu adalah hal yang berguna. Yah, minus kalau pas searching internet dan kepo-kepo hal yang gak terlalu penting sih. Tapi intinya semua kegiatan penting saya itu memang sangat penting. Dengan menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah, psikis saya jadi lega dan puas, suami juga seneng kalau pulang ke rumah karena semuanya sudah beres, rapi dan makanan tersedia 😀 Dengan ini kegiatan beres-beres rumah jadi satu indikator mencapai psikis yang baik dalam psikologi keluarga islam.

Yang kedua, main laptop atau lebih tepatnya menulis. Selain menjadi penyalur hobi yang sangat bermanfaat, juga menjadi sarana latihan bagi saya untuk menulis dan dapat dipahami oleh semua kalangan. Jadi inget, dulu saya sempat menulis di NHW 4 mau menghasilkan karya tulis yang berhubungan dengan psikologi keluarga islam yang mampu dipahami oleh kalangan manapun, hitung-hitung sekalian mencapai ilmu bunda produktif. Selain itu saya juga tergabung dalam dua komunitas menulis yang keren. Insyaa Allah jadi semakin bertambah semangat dan bisa belajar lebih banyak mengenai ilmu kepenulisan.

Yang ketiga, membaca buku. Ini juga salah satu hobi kesukaan saya. Pada dasarnya sih saya lebih suka baca novel dibanding buku materi ilmu. Tapi semakin bertambah usia dan semakin banyak kepentingan jadi mulai melirik kembali buku-buku berisi ilmu, terutama ilmu parenting. Alhamdulillah di rumah ada banyak buku yang berkaitan masalah parenting dan psikologi keluarga. Asalkan saya mau aja meluangkan waktu untuk membaca buku-buku itu Insyaa Allah targetan saya dalam ilmu bunda produktif dan bunda sholehah bisa tercapai dan jam terbang makin melaju kencang. Cuma kegiatan ini emang harus diniatin banget 😛 karena masalah pilih-pilih genre buku.

Kalau diperhatiin sebenarnya kegiatan saya enggak terlalu banyak sih. Buktinya semua kegiatan beres-beres rumah Alhamdulillah selalu beres jam dua belas siang, dan sisanya sampai malam saya ngerjain kegiatan penting lainnya atau enggak menghabiskan waktu barengan suami.

Waktu Kegiatan

Jenis Kegiatan

Keterangan

06.30 – 07.00 WIB Menyiapkan keperluan kerja Suami (menyiapkan bekal, baju, dll)

Jadwal Rutin

07.00 – 10.00 WIB Membersihkan rumah (mencuci baju, menyapu, mengepel, menyetrika, dll)
10.00 – 10.30 WIB Sholat Dhuha
10.30 – 11.30 WIB Memasak
11.30 – 13.00 WIB Istirahat, Makan, Sholat
13.00 – 19. 00 WIB Menulis

Jadwal Dinamis

19.00 – 21.00 WIB Membaca, menghabiskan waktu dengan suami (mengobrol atau masak kue bersama)

 

Dalam kegiatan sehari-hari saya membagi dua jadwal saya, yaitu jadwal dinamis dan jadwal rutin. Jadwal rutin adalah jadwal yang selalu saya lakukan setiap hari. Jadi enggak ada alasan untuk enggak melakukan jadwal rutin, kecuali saya dan suami lagi nginep di rumah orang tua atau lagi jalan-jalan nginep ke luar kota 😛 Lagipula jadwal rutin ini juga salah satu aplikasi ilmu untuk menambah jam terbang ilmu bunda cekatan, terutama dalam hal manajemen diri dan kenyamanan dalam rumah tangga.

Sementara jadwal dinamis adalah jadwal yang saya lakukan untuk menambah jam terbang saya dalam ilmu psikologi keluarga islam. Nah, dalam jadwal ini saya bebas mau ngapain aja berdasarkan hobi saya, entah itu mau menulis, membaca atau cuma sekedar searching informasi atau ilmu terbaru. Tapi tetap aja dengan syarat kegiatan itu harus menambah jam terbang saya dalam ilmu psikologi keluarga islam. Nah, kalau menghabiskan waktu bersama suami itu adalah kegiatan untuk mengaplikasikan ilmu psikologi islam, terutama untuk menambah jam terbang ilmu bunda sayang. Bisa dibilang ini adalah jadwal 13-21, dimana dari jam satu siang sampai jam sembilan malam saya full aplikasi menambah jam terbang.

Selama dua bulan ini kegiatan saya sesuai dengan jadwal diatas, terkadang bisa lewat atau malahan bisa lebih cepat selesai dari yang dijadwalkan, walau masih lebih banyak lewat jadwalnya sih. Berikutnya saya mau coba memasukkan jadwal lain deh untuk menambah jam terbang ilmu pilihan, semoga bisa konsisten. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s