NHW#8 – Misi Hidup dan Produktifitas

tabel 1

Ya, kita kembali lagi dengan kuadran kegiatan-kemampuan ini. Kali ini saya cuma mau ngejelasin salah satu kegiatan yang paling saya suka dan insyaa Allah paling saya bisa. Bisa dilihat di gambar pada kuadran satu kalau ada lima kegiatan yang saya suka dan saya paling bisa ngelakuin hal itu. Tapi diantara lima kegiatan itu kegiatan yang paling saya sukai adalah menulis dan membaca.

Kenapa saya bilang menulis dan membaca? Karena dua kegiatan itu buat saya gak bisa dipisahkan satu sama lain. Saya suka banget membaca fiksi dengan berbagai macam genre, makanya saya jadi suka menulis karena kadang suka gak puas dengan hasil akhir cerita buku itu atau enggak setelah baca buku itu malah punya ide buat nulis. Hal ini berlaku juga untuk sebaliknya.

Dari kegiatan ini muncullah pertanyaan untuk kasus ibu produktif,

  1. Mau jadi apa sih dengan kegiatan ini?

Kalau ini sebenarnya jawabannya sudah ketemu sejak jaman masih kuliah dulu. Saya mau jadi penulis fiksi islami yang keren di Indonesia. Dengan membaca bisa bikin imajinasi saya makin hidup, dengan menulis saya mau bikin karya yang keren yang dengan tulisan itu bisa membuat orang merenung bahwa islam itu enggak kaku dan bisa masuk kedalam ranah buku, terutama genre fiksi.

Nah, kalau digabung dengan semua materi yang saya dapatkan di IIP ini maka tugas saya jadi nambah satu. Saya mau jadi penulis fiksi islami keren yang didalamnya juga membahas psikologi keluarga islam. Saat semua orang membaca buku saya mereka bisa merenungi untuk diri mereka sendiri dan ilmu mengenai psikologi islam bisa diterima oleh semua kalangan, baik yang muda maupun yang tua.

2. Mau melakukan apa dengan kegiatan itu?

Yang pertama sih harus banyak baca, baik genre non fiksi terutama bagian psikologi keluarga islam dan genre fiksi yang lagi trend pada saat ini. Yang kedua terus mengasah kemampuan menulis. Yang ketiga selalu berpikir kritis agar ide menulis bisa datang dari manapun dan dalam bentuk apapun.

Nah untuk hal yang kedua dan ketiga insyaa Allah terdukunglah karena saya juga aktif ikut dua komunitas menulis yang ide menulisnya bisa-bisaan aja dan gak terlalu monoton, sisanya mah rajin-rajinnya saya aja. Kalau mau cepet bisa ya harus rajin menulis. Kalau untuk hal membaca untuk masalah membaca buku fiksi insyaa Allah gak masalah karena saya emang selalu semangat untuk baca hal beginian. Sisanya harus memaksakan diri untuk rajin baca buku non fiksi islami 😛

3.Dengan kegiatan itu, saya mau punya apa aja?

Duh, pertanyaan ini sebenarnya menohok hati banget sih. Kalau ditanya fasilitas yang diinginkan sebenarnya saya udah punya semua. Buku fiksi saya punya banyak. Buku non fiksi tema psikologi keluarga islam juga ada. Fasilitas menulis macemnya laptop atau aplikasi untuk menulis di smartphone juga ada.

Masalahnya tinggal niatnya aja yang kurang kuat, selalu malas untuk mulai menulis novel yang sudah saya rancang plot ceritanya. Niatnya udah males duluan apalagi kalau udah ketemu sama internet. Bawaanya mau aja searching hal lain yang sebenarnya enggak terlalu berhubungan dengan kegiatan menulis.

Ok Fix! Internet emang buruk banget buat saya mencapai cita-cita. Karena itu sejak sekarang saya mencoba kebiasaan baru, setiap mau menulis internet harus dimatikan dulu dan waktu pengerjaan saya untuk melakukan secret project ini adalah sekitar satu jam. Alhamdulillah terbukti kerjaan saya lebih fokus dan lebih bebas menuliskan ide-ide yang bertumpuk dalam kepala.

Semua yang saya suka udah coba diarahkan dengan tiga pertanyaan diatas. Tapi tetap aja, kalau enggak dilaksanain semua itu hanyalah mimpi dan angan-angan. Supaya lebih terarah mungkin ada baiknya saya bikin tabel perencanaan kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan menulis dan membaca ini.

tabel 1

Tabel 2

Hmm, setelah melihat tabel kegiatan rencana jangka pendek dan panjang mungkin saya perlu beli kalender rencana kerja untuk satu tahun. Supaya perencanaan dan penargetan cita-cita saya bisa lebih mudah dikontrol aja sih.

Setelah melihat jadwal kegiatan baru sadar ternyata saya belum ada ngejalanin satupun rencana kegiatan tersebut, makanya jadwal kegiatannya saya sesuaikan dimulai di bulan Maret ini. Harus semangat untuk merubah kebiasaan di tahun ini supaya bisa meraih sukses dari cita-cita yang diinginkan. Karena kalau dari dalam diri gak ada niat mau berubah maka sampai kapanpun juga gak bakal bisa berubah.

Advertisements

One thought on “NHW#8 – Misi Hidup dan Produktifitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s