35 Sirah Shahabiyah: 35 Sahabat Wanita Rasullullah SAW Jilid 1

20170427_102006

Judul Asli : Shahabiyyaat Haul Ar-Rasuul saw

Penulis : Mahmud Al-Mishri

Penerjemah : Asep Sobari, Lc. dan Muhil Dhofir, Lc.

Tahun, Cetakan : Juni 2010, Cetakan Ketujuh

Penerbit : Al-I’tishom Cahaya Umat

ISBN : 979-3071-36-2


Sahabat-sahabat Nabi saw. adalah generasi terbaik sepanjang sejarah peradaban manusia setelah para Nabi dan Rasul. Demikian halnya dengan para sahabat wanita yang hidup bersama mereka. Setiap sahabat wanita ibarat kuntum bunga yang tumbuh di ladang Islam. Lalu, ketika awan berarak di atasnya dan menumpahkan air hujan, bunga yang bersih dan sarat dengan nilai takwa itu terus tumbuh subur dengan pupuk yang diperleh dari dua sumber yang bersih, yakni Al-Quran dan As-Sunnah. Maka, pada masa berikutnya, ia menebarkan semerbak keharumannya kepada seluruh pelosok alam raya dengan keharuman iman dan tauhid. Demikian halnya dengan pengorbanan dan kegigihan dalam membela akidahnya. Mereka mau mengorbankan segala yang dimiliki untuk kepentingan Islam dan tidak jerih dengan kezhaliman, siksaan, dan kematian yang harus dihadapinya.

Mari menuju oase yang subur dengan buah-buahan yang ranum untuk berjumpa dengan wanita-wanita yang tulus dan menghirup aroma ketulusan mereka. Mari kita teguk kesegaran air dan kita hirup keharuman kisah dari: 1. Khadijah binti Khuwailid ra., 2. Saudah binti Zam’ah ra., 3. ‘Aisyah binti Abu Bakar ra., 4. Hafshah binti Umar ra., 5. Zainab binti Khuzaimah ra., 6. Ummu Salamah ra., 7. Zainab binti Jahsy ra., 8. Juwairiyah binti Al-Harits ra., 9. Ramlah binti Abu Sufyan (Ummu Habibah) ra., 10. Shafiyyah binti Huyay ra., 11. Maimunah binti Al-Harits ra., 12. Fatimah binti Rasulullah saw., 13. Halimah As-Sa’diyah.


Sesuai judulnya, buku ini adalah jilid satu dari total dua jilid buku. Dalam buku ini dijelaskan sirah beserta peranan para sahabat wanita zaman Rasulullah saw. Jelasnya urutan 1 sampai 11 adalah peranan para istri nabi atau biasa kita kenal Ummul Mukminin dalam sejarah Islam. Untuk nomor 12 jelas itu adalah putri Rasulullah yang tercinta, Fatimah. Sementara untuk nomor 13 itu adalah ibu susuan Rasulullah.

Menuliskan sirah para sahabat wanita ini jelas tidak bisa mendetil sekali. Karena banyaknya jasa dan terbatasnya halaman kertas menjadi salah satu permasalahan penulis untuk menuliskan semua jasa mereka. Selain itu keterbatasan penulis untuk mengungkapkan keagungan dan harumnya jasa mereka juga menjadi salah satu kendala yang lain. Meskipun begitu kita sebagai pembaca masih bisa meneladani kisah mereka dan menjadi catatan terutama bagi wanita muslimah zaman ini yang kekurangan idola muslimah yang bisa diteladani.

Buku ini lumayan bagus dan saya rekomendasikan karena bahasanya yang mudah dipahami dan tidak bertele-tele. Penulis menuliskan isi buku dengan gaya bercerita disertai sub bab yang menarik dan jelas, membuat pembaca merasa ketagihan untuk terus membaca dan tidak mau menutup bukunya, setidaknya sebelum menyelesaikan satu sirah sahabat wanita. Banyak pelajaran dan kebijaksanaan yang dapat diambil dan diteladani, terutama bagi wanita muslimah yang sudah kebingungan harus bersikap seperti apa sebagai muslimah sejati.

Selain itu sumber yang digunakan juga mendetil dan dari berbagai sumber dengan status hadis yang jelas dan tidak meragukan.  Menjadikan buku ini mempunyai riwayat yang In shaa Allah jelas dan bisa dipertanggung jawabkan. Sebagai pembaca saya sangat menyenangi buku ini karena bisa memberikan gambaran kepada saya untuk menjadi muslimah yang tidak hanya cantik diluar, tetapi juga cantik di dalam serta memiliki sifat pemberani untuk membela Islam. Terutama dengan keadaan yang lumayan rusuh di negeriku ini, Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s