Status

Game Kelas BunSay: Level 1

Saya takut dimarahi.

Karena faktor dibesarkan oleh keluarga yang cukup keras dan hukuman berupa sedikit-sedikit dimarahi tanpa diberi penghargaan menjadikan saya jadi pribadi yang takut untuk dimarahi. Bukan berarti saya takut untuk bertanggung jawab. Kalau misalnya saya memang melakukan suatu kesalahan dan merugikan pihak lain saya akan dengan lapang hati melakukan hal yang disebut bertanggung jawab.

Tapi saya cuma takut jika harus dimarahi. Pengalaman hidup sejak kecil membuktikan dimarahi itu adalah hal yang sangat mengerikan. Jauh lebih mengerikan walaupun menonton film horor tingkat apapun atau hal-hal menakutkan apapun.

Karena itulah bersama suami, kami membuat prinsip tidak boleh ada kebohongan diantara kami. Benar atau salah bukanlah hal yang penting. Kejujuran jauh lebih dihargai daripada masalah sepele benar dan salah. Karena kejujuran dituntut untuk lebih bertanggung jawab dengan keputusan yang diambil saya merasakan kejujuran itu adalah hal yang sangat sulit. Karena kalau bohong tinggal lempar batu sembunyi tangan, tapi untuk jujur itu merupakan level yang lain. Apalagi kalau masa kecilnya tidak pernah mengalami hal yang namanya penghargaan tapi kritikan dan dimarahi terus-terusan, wajar kan kalau setiap keputusan yang diambil saya merasa ragu-ragu hanya karena takut dimarahi?

Karena itulah dalam 10 hari ini saya mencoba menerapkan prinsip I’m responsible for my communication. Intinya saya harus bertanggung jawab dalam hal apapun dengan mengatakan hal yang sebenarnya kepada suami saya.

.

.

.


Hari 1

Hari pertama kami mencoba berlatih bertanggung jawab atas komunikasi kami, belum banyak hal yang bisa berubah. Yah, perubahan tidak bisa langsung mendadak, kan? Perlu proses.

Tapi setelah menerapkan kejujuran saya merasakan beban mental saya jauh lebih ringan dibandingkan jika harus berbohong. Dan sebenarnya ini melegakan. Saya tidak harus merasa berat karena sudah berbohong. Tidak perlu harus mendenda diri sendiri karena sudah berbohong dan berbagai perasaan negatif lainnya yang melanda hati. Setelah berkata jujur saya bisa merasakan kelegaan dan ketenangan.

Apalagi didukung oleh suami yang berjanji tidak akan marah walau apapun yang terjadi, asalkan saya harus bicara jujur!

Misalkan pada hari pertama ini, jatah uang mingguan kami sudah habis karena memang ada banyak keperluan yang harus dibeli sementara harga sembako meroket. Kalau dulu sebelum menikah saya katakan kepada keluarga saya bahwa saya kehabisan jatah uang mingguan pasti saya akan diceramahi, padahal apa yang saya beli memang sebuah kebutuhan.

Sementara ketika suami menanyakan jatah uang mingguan saya hanya bisa terdiam dan memasang wajah bersalah. Jujur, pengalaman dimarahi orang tua masih membayang sehingga saya takut kalau suami juga ikut-ikutan marah. Tapi suami mendesak dan akhirnya saya bicara jujur. Suami memahami, namanya juga butuh mau gimana lagi, dan justru menambah jatah uang mingguan.

Hati langsung terasa lega dan plong, karena suami tidak marah dan jatah uang mingguan ditambah 😛

Alhamdulillah saya bisa bicara jujur ketika ada masalah sehingga saya tidak perlu stress sendiri menghadapi masalah. Memang sih setelah itu saya diingatkan secara baik-baik oleh suami untuk lebih bisa manage keuangan lebih baik, tapi respon ini lebih bisa saya terima dibandingkan harus dimarahi atau diceramahi. Yah setidaknya inillah buah dari kejujuran saya, saya harus lebih bertanggung jawab untuk menjalankan tugas rumah tangga.

Hahahaha, masih hari pertama dan jalan buat belajar masih panjang…

In syaa Allah semoga tetap istiqomah. Amin.


#level1

#day1

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Leave a Reply

