Status

Game Kelas BunSay: Level 1

Hari 3

Hari Ketiga

Yes! Hari ketiga sudah dimulai dengan komunikasi yang moga-moga sukses dan sedang dalam masa pembiasaan diri.

Jadi ceritanya… (backsound eng ing engggg….)

Hari ini nelepon orang tua. Biasanya sih setiap sebulan dua kali dijadwalin selalu nginep dua hari satu malam di rumah orang tua dan rumah mertua. Cuma karena sebulan kemarin belum nginep dimana-mana walhasil cuma bisa telpon-telponan plus chat app WA.

Nah kali ini saya nelepon orang tua, nanya kabar sekaligus ngobrol ngalor ngidul sama saudara. Sekali nelepon palingan cuma makan waktu sepuluh menit paling lama. Nah loh, disini saya sadari tenyata saya sudah menerapkan prinsip to the point dan clear and clarify ke keluarga saya.

Ok Next…seperti yang sudah saya ceritain di edisi lalu (#bah edisi lalu :v) saya adalah tipe yang selalu cerita apa aja ke suami. Walaupun sebenarnya suami juga ikut ngobrol ke orang tua lewat telepon tetap aja ada poin-poin yang diobrolin suami sama orang tua beda dengan obrolan saya.

Mengingat kemarin lumayan capek juga harus ngulangin cerita saya ke suami gegara dia belum connect akhirnya saya ingat-ingat dulu poin komunikasi efektif kelas BunSay. Pertama, choose the right time.

Habis nelepon adalah waktu yang tepat. Suami lagi santai dan baru aja selesai telepon. Perfect timing, kan?

Poin kedua, clear and clarify. Sejauh ini sih sukses karena saya gak perlu ngulangin cerita saya dan suami bisa ksih pertanyaan dan respon yang sesuai.

Poin ketiga, intensity of eye contact. Ini refleks aja sih sewaktu ngobrol kami saling pandang mata. Mungkin karena poin ini terpenuhi makanya poin komunikasi yang sebelumnya juga berjalan lancar.

Terakhir, I’m rensposible for my communication results. In Shaa Allah ini juga sukses, secara komunikasi kami berjalan dengan baik dan respon komunikasi juga berjalan lancar. Malahan jadi menghasilkan jadwal kunjungan nginap ke rumah orang tua. Istilah kerennya tak ada dusta di antara kami karena komunikasi sukses. Yes!

Alhamdulillah komunikasi kali ini berjalan lancar karena saya dan suami berusaha mematuhi poin-poin komunikasi efektif sehingga obrolan berjalan dengan lancar tanpa adanya miskomunikasi dan gagal connect. Malahan dengan komunikasi gaya begini kami gak perlu wasting time dan galau gegara gagal paham dengan obrolan satu sama lin.

Yes! In Shaa Allah kali ini udah sukses. Moga-moga gaya komunikasi ini bisa dipertahanin. Amin.

#level1

#day3

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip