5 Awan Unik Yang Mungkin Pernah Kamu Lihat

Pasti kamu tahu awan kan? Itu loh, gumpalan putih yang selalu ada di langit. Nah, itu sebenarnya bukan arti yang benar. Tapi saya yakin kalian pasti tahulah apa yang dimaksud dengan awan 😀

Dalam artikel ini saya akan menuliskan 5 awan unik yang mungkin pernah kamu lihat. Foto dan penjelasan saya ambil dari cloudatlas.wmo.int Cek this out!

  1. Cirrus homogenitus (awan pesawat) dan Cirrus fibratus
Foto oleh George Anderson

Dari foto diatas pasti kamu pernah lihat kan? Awan yang biasa terbentuk setelah pesawat melintas. Nah, diatas kamu bisa lihat ada 5 lintasan awan pesawat. Selain awan lintasan itu ada juga awan seperti serabut kapas tipis. Nah itu namanya awan Cirrus fibratus. Tapi apa kamu pernah lihat dua awan unik ini bersama-sama? Well, ini pemandangan yang cukup cantik juga kan?

2. Cumulonimbus capillatus

Foto oleh Mustafa Hayri Ayvaz

Atau bisa kita sebut sebagai awan cumulonimbus. Awan dengan bentuk seperti ini biasanya juga dikenal sebagai “pabrik awan” karena dia bisa menghasilkan beberapa jenis awan seperti awan cirrus, awan tinggi Alto atau awan jenis lainnya.

3. Cumulus humilis

Foto oleh Frank Le Blancq

Biasanya awan yang bernama cumulus berwarna putih, foto ini diambil beberapa menit sebelum matahari terbenam. Karena sudut matahari yang rendah, menghasilkan efek  awan berwarna pink jingga. Pemandangan yang cukup cantik, kan?

4. Cirrus

Foto oleh Rob Lindberg

Mungkin kamu pernah melihat awan sejenis ini di siang hari yang cerah. Kalau awan yang kamu lihat itu berbentuk seperti koma dengan ujungnya seperti kaitan gantungan, maka awan itu adalah awan Cirrus. Sering terlihat hari yang cerah.

5. Altocumulus

Foto oleh Martin Gudd

Menurut WMO, foto ini dinamai dengan Altocumulus of Chaos Sky. Ini dikarenakan awan jenis Altocumulus dari berbagai jenis terlihat di foto ini. Kadang di Indonesia juga bisa terlihat awan-awan jenis ini dan biasanya terlihat paling indah di sore hari.

Gimana? Pemandangan awan yang cukup cantik, kan? Dan juga cukup unik. Malahan mungkin kamu pernah melihatnya. Jadi, ada awan unik apalagi yang pernah kamu lihat?

Sumber: cloudatlas.wmo.int

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s