Pembuatan Paspor – Daerah Jakarta Timur

Kali ini gue bakal menceritakan pengalaman gue bikin paspor. Catatan awal aja, sebelumnya gue udah pernah punya paspor – sebelum nikah tentunya – dan dibuat di daerah Tangerang. Setelah nikah otomatis semua data gue berubah termasuk KTP gue masuk daerah Jakarta Timur. Jadi gue perpanjang paspor keluaran Tangerang di Jakarta Timur dan mereka mau terima kok. Jadi kalau kamu udah punya paspor tapi beda daerah gak usah khawatir, karena bisa diurus sesuai daerah KTP.

Nah, pertama sebelum ngurus paspor kamu harus daftar dulu lewat applikasi Paspor Online keluaran Mendagri. Di sini kamu harus daftar untuk menentukan tanggal berapa kamu mau ngurus paspor kamu. Pendaftaran untuk satu orang maupun banyak orang tapi dalam satu Kartu Keluarga bisa didaftarkan di aplikasi ini. Selain tanggal kamu juga bisa menentukan jam berapa kamu mau ngurus paspor ini. Atur-atur aja sesuai waktu luang kamu.

Yang jadi catatan adalah jangan sekali-sekali langsung datang ke kantor imigrasi tanpa daftar sebelumnya di applikasi ini! Bisa dipastikan kamu disuruh pulang dan kamu gak bakal dilayanin sama sekali walau berusaha mengeluarkan 1001 alasan. Selain itu kalau udah daftar di jam tertentu jangan sampai telat! Misalnya kamu daftar buat ngurus jam 8 pagi malah datang jam 9 pagi, yang ada kamu malah dimarahin sama petugasnya. Oh iya, untuk applikasi ini walau judulnya untuk daerah Jakarta Timur tapi setelah kamu donlod applikasi ini nanti kamu bakal ditanyain kok kamu tinggal di daerah mana. Jadi applikasi ini one for all area.

Nah, setelah tanggal dan waktu untuk pendaftaran sudah dipilih, kamu tinggal siap-siapin aja berkas yang dibutuhkan untuk mengurus paspor ini. Oh iya, kamu juga bakal dapet kode nomor dan barcode pendaftaran di applikasi. Jadi kalau udah waktunya jangan lupa bawa hape yang ada app paspor itu. Soalnya saat pertama kali kamu mau daftar, petugas pasti menanyakan kode nomor dan barcode pendaftaran yang kamu dapet dari applikasinya.

Selain kode nomor dan barcode, sesekali kamu boleh sambil ngecek applikasi paspor siapa tahu aja ada berita terbaru atau apalah. Kemarin waktu saya daftar sih gak ada info baru apa-apa jadinya aplikasinya sepi aja. Untuk berkas yang diperlukan adalah:

20170911_130648

Formulir biodata untuk pendaftaran Passport

  1. Formulir pendaftaran paspor (bisa didapat saat kamu sudah datang ke kantor imigrasi)
  2. Fotokopi KTP dan aslinya (gue fotokopi bolak-balik di kertas A4, jadi enggak dipotong kecil tapi dibiarin seukuran a4)
  3. Kartu Keluarga dan aslinya
  4. Akte Kelahiran atau Surat Nikah atau Ijazah (bawa juga aslinya)
  5. Paspor yang lama (kalau ada)

Kenapa saya tulis bawa juga yang aslinya? Buat jaga-jaga aja, lebih baik siap-siap dibanding nyesel kan?

Selain itu untuk Ijazah pastikan di Ijazah kamu tertulis nama orang tua. Kemarin sih selain bawa ijazah kuliah gue juga sekalian bawa ijazah SMA. Pas wawancara ijazah SMA gue ditanyain sama petugasnya. Pas gue tanya kenapa harus Ijazah SMA petugasnya bilang sebenernya mereka butuh nama orang tua yang tertera di Ijazah itu buat di cek dan ricek lagi dengan data kita. Jadi kalau di ijazah kuliahnya udah ada nama ortu sih enggak masalah. Tapi kebanyakan ijazah kuliah enggak ada nama ortu makanya mereka suka nanya ijazah lain (entah SMA, SMP atau SD!) yang tertulis nama orang tua.

Setelah kamu melengkapi form biodata kamu bisa langsung antre untuk dicek kelengkapan lembaran berkas kamu. Eh, disini bawa map sendiri ya 😛

Setelah dicek kelengkapan lembar berkas, nanti kamu akan dikasih nomor antrian loket dan diarahkan oleh petugas untuk naik ke lantai dua. Nah, di lantai dua ini berjejer banyak loket. Loket untuk pembuatan baru dan loket untuk memperbarui paspor. Makanya waktu ngurus kemarin gue kepisah jauh banget sama suami. Ada 7 loket dan kayaknya sih loket untuk bikin baru dari loket 1 sampai 5. Untuk memperbarui di loket 6 dan 7. Kemarin suami bikin baru dipanggil di loket 1 sementara gue di loket 7.

Di loket ini si petugas bakal meriksa lagi semua berkas yang kita bawa termasuk minta paspor lama. Kemarin petugas gue juga minta lihat ijzah SMA sih. Selebihnya asalkan berkas kita baik-baik aja gak ada masalah. Palingan cuma ditanya-tanya dikit nama kita dan tempat tanggal lahir. Pertanyaan seputar biodata doang cuma untuk memastikan bahwa emang beneran kita yang ngurus sendiri, bukan calo atau diwakilin. Untuk yang punya passport lama, passport kamu bakal ditahan di tahap ini. Tapi tenang aja nanti passport kamu bakal dibalikin kok saat kamu ambil passport yang baru.

Setelah petugas di berkas beres nanti kita diarahin untuk duduk dan nunggu sebentar sebelum difoto dan diambil sidik jari. Nah, disini buat cewek bolehlah dandan agak cantikan supaya di fotonya keliatan bening 😛

Setelah nunggu sebentar nanti kita bakal dipanggil lagi sama petugasnya. Kali ini buat diambil fotonya buat passport, diambil sidik jarinya dan ditanya keperluan kita untuk bikin passport. Setelah semuanya beres nanti kita akan dikasih slip kertas untuk membayar passport yang kita buat. Pembayaran bisa dilakukan lewat atm atau langsung lewat teller bank. Kalau gue sih langsung ke teller bank BRI yang pas banget ada di belokan gang setelah kantor Imigrasi. Harga pembuatan passpor adalah Rp 350.000/orang, jadi siapkan uang yang dibutuhkan ya.

20170911_093016

Pojok bermain anak-anak. Pas gue datang lagi sepi… iyalah, masih pagi.

Setelah dikasih kertas yang berisi harga pembayaran dan di dalamnya termasuk kode angka dan barcode untuk pengambilan passport, kamu udah boleh pulang. Passport bisa diambil seteah 3 hari kerja. Kemarin pas gue daftar hari Senin, hari Jumatnya langsung bisa gue ambil. Gue ngambil sekalian ngambilin punya suami – karena suami gak bisa izin lagi. Untuk yang masih dalam satu kartu keluarga bisa saling mewakili untuk mengambil passport. Asalkan jangan lupa bawa KTP asli dari orang yang kamu wakilin dan bukti Kartu Keluarga bahwa kamu dan orang yang kamu wakilin itu masih dalam satu kartu. Kalau kamu enggak satu kartu kamu harus punya surat kuasa bermaterai dari orang yang kamu wakilin.

Oh iya, untuk pengambilan passport berkas yang harus dibawa adalah:

  1. Tanda bukti pembayaran passport (slip pembayaran atau slip transfer atau bukti apapun)
  2. Kertas yang diberikan di kantor imigrasi berisi kode nomor dan barcode

Saat kamu kamu ngambil passport kamu bisa scan sendiri barcode pengambilan passport dan berikutnya kamu bisa dapet nomor antrian pengambilan. Nama kamu bakal dipanggil dan kamu bisa ambil passport yang baru. Passport lama kamu yang ditahan juga bakal dibalikin ditahap ini. Setelah itu beres deh…. beres sudah passport kamu. Jangan lupa diperbaharui lagi ya setelah lima tahun 🙂

Advertisements

Mengurus Pendaftaran Kuota Haji – Jakarta Timur

20170907_132724

Sebenernya sih ini ide dari orang tua, pas setelah nikah langsung buka tabungan buat pergi haji. Emang sih impian gue salah satunya adalah pergi haji barengan suami, tapi gue enggak kepikiran untuk buka tabungan pas banget setelah nikah.

Setelah duduk berempat – gue, suami gue, ayah sama bunda – mereka nyuruh kami untuk cepet-cepet buka tabungan haji. Masalahnya satu, antrian buat pergi haji lumayan lama. Bisa sampai sepuluh tahun. Makanya mumpung masih muda cepetan nabung dan daftar biar ketahuan berangkatnya tahun kapan.

Alhasil kami ikutin aja nasihat orang tua. Toh enggak ada salahnya juga ngikutin nasihat orang tua. Alhamdulillah setelah sedikit demi sedikit menyisihkan duit buat nabung haji, alhamdulillah tabungan kami berdua mencapai batas minimal. Sekedar info, disini In Shaa Allah gue bakal cerita ulang apa aja yang gue lakuin dan berkas apa aja yang dibutuhkan untuk daftar kuota haji daerah Jakarta Timur.

Supaya bisa daftar untuk haji, tabungan minimal kita harus ada 25 juta rupiah. Kami sih pakainya Bank Muamalat jadinya saldo minimal adalah Rp 25.100.000. Saldo minimal ini bisa berubah-ubah tergantung bank syariah apa yang kamu pakai, tapi untuk Bank Muamalat sih segitu.

Nah, setelah saldo kamu mencukupi, yang pertama harus kamu lakukan adalah bawa buku tabungan kamu dan pas foto untuk keperluan haji dan umroh. Untuk pas foto ini keperluanya emang beda dengan pas foto biasa. Pos foto haji dan umroh 80% fotonya lebih fokus ke wajah, berlatar belakang putih dan tidak boleh pakai kacamata. Sewaktu saya di departemen Agama ada ibu-ibu di sebelah saya yang bawa foto suaminya pakai kacamata. Fotonya ditolak dan disuruh foto ulang.

Kalau kamu pergi ke foto studio bilang aja mau foto buat haji dan umroh, mereka juga udah tahu kok. Oh iya, untuk jumlahnya bawa pas foto ukuran 3×4 sebanyak 5 lembar dan 4×6 sebanyak 3 lembar.

Oh iya, sekedar informasi untuk pas foto lebih baik cetak banyakan untuk keperluan di departemen Agama. Mereka hanya menerima pas foto yang sama dengan yang diterima oleh pihak Bank. Jadi jangan bawa foto yang beda format, apalagi beda latar belakang. Lebih baik cetak yang banyak dengan ukuran 3×4 dan 4×6.

Balik lagi ke urusan Bank, kamu cukup bilang aja sama CSnya kalau kamu mau daftar kuota haji. Kalau di Bank Muamalat sih kita cuma disuruh ngasih buku tabungannya ke CS. Berikutnya nanti pihak bank akan ngasih formulir biodata untuk kita isi sebagai pemohon haji serta surat pernyataan. Oh iya, disini kita juga butuh bawa materai 6000 rupiah sebanyak 2 lembar untuk satu orang. Jadi pastikan untuk dibawa sesuai kebutuhan ya.

Jadi inget, sewaktu kemarin ngurus daftar haji ini gue bawa sampai peralatan printil-printil macemnya paper clip, lem stick, pulpen warna hitam. Hmm, sangat membantu banget deh pulpen warna hitam ini. Sama map-map buat berkas. Pokoknya segala ATK yang kepikiran dibawa semua demi keamanan dan kenyamanan ngurus berkas.

Setelah isian semua berkas itu beres nanti CSnya akan menarik saldo 25 juta kita dan langsung ditransfer ke Departemen Agama. Jadi jangan kaget kalau mendadak saldo kita hilang. Nanti CSnya juga akan memberikan slip transfer haji ke departemen Agama, Bukti Penerimaan Setoran Awal Ibadah Haji serta Tanda Bukti Setoran Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH). Di Bukti Penerimaan Setoran Awal ini ada yang namanya nomor validasi jadi jaga kertasnya jangan sampai hilang! Kalau perlu fotokopi aja semua yang dikasih sama Bank.

Sekali lagi, di Bank Muamalat kita akan diberikan berkas itu. Untuk bank lain pasti bakal dikasih BPIH. Tapi selain berkas BPIH itu saya enggak tahu berkas apa aja yang bakal dikasih dan berapa banyak. Kalau logika sih harusnya bank lain juga ngasih slip transfer dan bukti setoran awal.

Prosesnya sih enggak rempong, kira-kira paling lama cuma makan waktu 30 menit karena kebetulan saya juga minta macem-macem sama CSnya (cetak buku, konsultasi mobile, dkk). Pihak Banknya juga bilang kalau gak ada masalah kita gak perlu lagi ke Bank, cukup langsung ke departemen agama dan semuanya selesai.

Karena hari masih pagi dan proses ke bank ternyata lumayan cepet akhirnya kami langsung pergi ke departemen agama. Cukup kaget juga karena sewaktu sebelum ke bank saya sempet telepon ke Muamalat Center berkas apa saja yang harus dibawa. Kayaknya mereka memang sengaja menyebutkan berkas yang dibutuhkan untuk proses di departemen agama dengan tujuan bisa langsung daftar.

Untuk berkas yang dibutuhkan di departemen agama, kita perlu:

  1. Formulir pendaftaran haji >> kamu bisa dapet form ini di departemen agama sekalian sama mapnya.
  2. Validasi bank >> yang berisi nomor validasi bank
  3. Fotocopy KTP ukuran a4 yang masih berlaku (5 lembar) >> dikopi di kertas ukuran a4 enggak dipotong dan bolak-balik. Jadi fotokopi perbesar di bagian atas bagian ktp depan sementara di bagian bawahnya ktp bagian belakang.
  4. Fotokopi rekening tabungan haji (2 lembar)
  5. fotokopi kartu keluarga (2 lembar)
  6. fotokopi akte kelahiran atau ijazah atau buku nikah (2 lembar) >> gue sih bawa semuanya buat jaga-jaga aja. Tapi kalau kamu mau pakai buku nikah yang difotokopi bagian foto dan halaman belakangnya aja. Difotokopi di lembar a4 dan jangan dipotong. Sama kayak fotokopi ktp.
  7. Pas foto 3×4= 11 lembar dan 4×6 = 4 lembar >> format haji dan umroh 80% wajah, latar belakang putih dan tidak berkacamata.

Kalau kamu bingung sebenernya di departemen agama ada koperasi fotokopi dan studio photo yang melayani keperluan untuk haji. Jadi mereka udah tahu mengenai berkas-berkas yang perlu difotokopi. Tapi kalau kamu males ngantrinya (iyaa….ramai banget) kamu bisa siapin dari rumah semua keperluan fotokopi berkas dan foto.

Setelah semua berkas beres dalam map nanti berkas itu diserahkan ke petugas yang deket pintu. Dia nanti meriksa apa ada berkas yang kurang atau perlu dilengkapi. Setelah itu map kita akan dibawa untuk diproses lanjut. Kita tinggal duduk aja nungguin nama kita dipanggil. Prosesnya sebenernya enggak lama, tergantung udah banyak atau belum orang yang sama-sama nunggu juga namanya dipanggil sebelum kita 😛

Begitu nama kita dipanggil kita nanti bakal langsung difoto dan scan sidik jari sama petugasnya dan disuruh meriksa biodata diri sendiri, ada yang salah atau enggak. Untuk ini pastikan nama kamu tertulis dengan benar, enggak salah walau cuma satu huruf! Setelah kamu merasa data diri kamu benar nanti kamu bakal disuruh duduk lagi untuk menerima Surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH). Nah, begitu kamu udah dapet surat ini kamu bakal dapet nomor porsi kuota haji. Kamu bisa cek kapan tahun keberangkatanmu dari app Haji Pintar yang ada di Play Store.

Dengan didapatnya nomor porsi kamu berarti selesai proses pendaftaran haji. Tahun keberangkatan hajimu baru bisa dicek kira-kira dua sampai tiga minggu setelah kamu proses daftar di departemen agama. Sisanya paling tinggal cicil nabung-nabung lagi buat melunasi biaya haji. Besarannya nanti tergantung pas di tahun keberangkatanmu.

Jeng…jeng…. setelah menunggu hampir tiga minggu ketahuan deh kalau gue sama suami In Shaa Allah berangkat tahun 2033. Lumayan, masa tunggunya 16 tahun 😛 sambil nunggu harus lebih banyak ibadah lebih baik lagi sekaligus nyicil nabung. Moga-moga rejeki deh…amin.

Mengelola Kecerdasan Emosional

Cemilan Rabu ke-2
16 Agustus 2017

Kecerdasan emosional atau emotional quotient (EQ) adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya.

Menurut Howard Gardner (1983) terdapat lima pokok utama dari kecerdasan emosional seseorang, yakni mampu menyadari dan mengelola emosi diri sendiri, memiliki kepekaan terhadap emosi orang lain, mampu merespon dan bernegosiasi dengan orang lain secara emosional, serta dapat menggunakan emosi sebagai alat untuk memotivasi diri.

Stimulasi EQ pada anak
🦋 Kenalkan jenis emosi pada anak.
🦋 Minta anak untuk menggambarkan apa yang ia rasakan.
🦋 Minta anak menyampaikan apa yang diinginkan.
🦋 Hormati fase egosentris anak.
🦋 Beri teladan dari orangtua dalam pengelolaan emosi, terutama saat menghadapi anak.
🦋 Beri kesempatan dan motivasi untuk belajar hal baru.
🦋 Beri kesempatan anak untuk mandiri dan bertanggungjawab.
🦋 Memberi pujian atas pencapain anak.
🦋 Ajak anak bersosialisasi dengan lingkungan.
🦋 Libatkan anak dalam aktivitas.

Tips Mengelola Emosi untuk Orang Dewasa
🦋 Kenali perubahan emosi dan alarm tubuh.
🦋 Mengubah fokus pikiran negatif👉🏻positif
🦋 Berlibur sejenak dari aktivitas.
🦋 Berkata baik atau diam.
🦋 Ubah posisi menjadi lebih rendah. Berdiri👉🏻Duduk, Duduk👉🏻Berbaring
🦋 Atur nafas dan perhatikan postur tubuh. Dengan postur yang tepat Anda bisa mengubah emosi negatif menjadi emosi positif.

Salam, Ibu Profesional

/Tim Fasilitator Bunda Sayang 2/

📚Sumber bacaan:
Wikipedia, Kecerdasan Emosional.
Diskusi fasilitator Bunda Sayang #2
Ideo, Watiek. Aku Cerdas Mengelola Emosi
Kuliah WhatsApp tentang Neuro-linguistic programming

Cemilan Rabu BunSay #3

IMG-20170818-WA0015

Kata kata di atas adalah kutipan surat Kartini. Ini jadi mood booster saya beberapa pekan ke belakang untuk tetap semangat menjalani proses mencari ilmu pengasuhan anak.

Salah satu misi Komunitas Ibu Profesional adalah Meningkatkan kualitas ibu dalam mendidik anak-anaknya, sehingga bisa menjadi guru utama dan pertama bagi anaknya.

Ibu adalah madrasah pertama anaknya. Apapun yang terjadi pada atau antara ibu & anak, akan berdampak pada tumbuh kembang anaknya.
Banyak penelitian yang menyatakan bahwa anak dari ibu yang menderita stres berat selama kehamilan akan mengalami gangguan tidur. Saat lahir, bayi juga akan berdampak buruk pada berat badannya. Bayi akan lahir dengan berat badan rendah. Bumil stres juga dapat mempengaruhi otak bayi secara kimiawi.

Saat anak besar, akibat bumil stres selama masa kehamilan, maka anak akan mengalami gangguan psikologi. Perilaku mereka akan terganggu menjadi murung atau nakal dan sulit diatur.

Pendapat ini pun sejalan dengan yang di sampaikan oleh ustadz Subhan Bawazier yang mengatakan ibu hamil dalam keadaan tenang, anaknya akan tumbuh menjadi anak yang tenang pula.

Hal ini berarti karakter anak sangat di pengaruhi oleh ibu. Anak kita belajar ‘merasa’ apa yang terjadi pada ibunya, sekolah pertamanya. Ibu yang stres saja berpengaruh besar pada anaknya, apalagi lebih dari itu.

Kartini pernah menulis “Dan siapakah yang lebih banyak dapat memajukan kecerdaskan budi itu. Dan Siapakah yang dapat membantu mempertinggi derajat budi manusia. Ialah perempuan, Ibu. Karena pada haribaan si ibu itulah manusia itu mendapat didikannya yang mula-mulanya sekali. Oleh karena di sanalah anak-anak itu belajar merasa, berpikir, berkata. Dan didikan yang pertama-tama sekali pastilah amat berpengaruh bagi penghidupan seseorang“.

Maka, ketika ibu adalah sekolah pertama anak anaknya. Tentu sekolah itu harusnya memiliki ilmu pengetahuan yang luas sehingga anak kita bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dari sekolah yang berkualitas baik. Teko yang berisi akan mengeluarkan isinya. Tapi teko yang kosong tak akan mengeluarkan apapun. Maka dari itu, mau tidak mau kita sebagai ibu harus belajar, mencari ilmu agar menjadi sekolah pertama terbaik bagi anak kita.

Didikan yang pertama tama sangatlah berpengaruh, maka ibu adalah garda terdepan ya. Maka pastikan anak anak kita mendapat yang terbaik dari sekolah pertamanya ya bunda. Apa yang kita tanam saat anak kita kecil, akan kita petik saat ia dewasa kelak. Maka bersabarlah. Hasil tak akan mengkhianati proses. Jika kita hari ini harus belajar ilmu pengasuhan anak di sana sini, hasilnya akan kita petik nanti di masa depan, ketika anak anak kita dewasa. Maka bersabarlah dengan proses panjang ini.

Materi#3 BunSay: Pentingnya Meningkatkan Kecerdasan Anak Demi Kebahagiaan Hidup

Dalam kehidupan ini ada dua kata yang selalu diinginkan manusia dalam hidup yaitu SUKSES dan BAHAGIA

Makna SUKSES

Menurut D. Paul Reily dalam buku Succes is Simple mendefinisikan sukses sebagai pencapaian yang berangsur-angsur meningkat terhadap suatu tujuan dan cita-cita yang berharga

Sedangkan menurut Lela Swell dalam bukunya Success mengemukakan pendapatnya bahwa sukses adalah  peristiwa atau pengalaman yang kita akan mengingatnya sebagai pemuasan diri.

Makna BAHAGIA

Menurut Prof. Martin Selligman dalam bukunya Authentic Happiness mendefinisikan kebahagiaan hidup dalam tiga kategori :

A. Hidup yang penuh kesenangan (Pleasant Life )

Hidup yang penuh kesenangan, ialah kondisi kehidupan dimana pencarian kesenangan hidup, kepuasan nafsu, keinginan dan berbagai bentuk kesenangan lain nya menjadi tujuan hidup manusia.

Kebahagiaan jenis ini lebih bersifat material.

B. Hidup nyaman ( Good Life)

Hidup yang nyaman ialah kehidupan dimana segala keperluan kehidupan manusia secara jasmani, rohani dan sosial telah terpenuhi. Hidup yang aman, tentram, damai. Kebahagiaan jenis ini lebih bersifat mental

C. Hidup Bermakna ( Meaningful Life)

Hidup yang bermakna lebih tinggi lagi dari tingkat kehidupan yang nyaman. Selain segala keperluan hidupnya telah terpenuhi, ia menjalani hidup ini dengan penuh pemahaman tentang makna dan tujuan kehidupan. Selain untuk diri dan keluarganya, ia juga memberikan kebaikan bagi orang lain dan lingkungan sekitar. Rasa kebahagiaan yg timbul ketika banyak orang lain mendapatkan kebahagiaan karena usaha kita, pleasure in giving, kebahagiaan dalam berbagi. Kebahagiaan jenis ini lebih bersifat spiritual

Untuk mencapai kategori hidup SUKSES dan BAHAGIA kita perlu memiliki berbagai macam kecerdasan hidup.

KECERDASAN

Para ahli berpendapat untuk tidak membicarakan atau memberikan batasan yang jelas tentang kecerdasan. Karena kecerdasan itu merupakan status mental yang tidak memerlukan definisi. Para ahli lebih memusatkan perhatian pada perilaku kecerdasan seperti kemampuan memahami dan menyelesaikan masalah dengan cepat, kemampuan mengingat dan daya kreativitas serta imajinasi yang terus berkembang.

MACAM-MACAM KECERDASAN

A. Kecerdasan Intelektual (Intellectual Quotient)

Adalah  kemampuan untuk menalar, perencanaan sesuatu, kemampuan memecahkan masalah, belajar memahami gagasan, berfikir, penggunaan bahasa dan lainnya.

Howard Gardner pakar psikologi perkembangan, menjelaskan ada sembilan macam kecerdasan manusia. Kecerdasan tersebut meliputi kecerdasan bahasa (linguistic), musik (musical), logika-matematika (logical-mathematical), spasial (spatial), kinestetis-tubuh (bodily-kinesthetic), intrapersonal (intrapersonal), interpersonal (interpersonal), naturalis (naturalits) dan eksistensial (existensial)

B. Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient)

kemampuan untuk mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, memotivasi diri sendiri, mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain.

Komponen-komponen dasar kecerdasan emosional adalah :

1.  Kemampuan Mengenali Emosi diri sendiri (kesadaran diri).

2.  Kemampuan Mengelola Emosi.

3.  Kemampuan Memotivasi Diri Sendiri (Motivasi).

4.  Kemampuan Mengenali Emosi Orang lain (Empati).

5.  Membina Hubungan Dengan Orang Lain (Ketrampilan sosial).

C. Kecerdasan Spiritual ( Spiritual Intelligence)

Kemampuan untuk mengenal Allah  dan memahami posisinya sebagai hamba Allah. Inilah yang disebut dalam agama sebagai fitrah keimanan.

Secara ilmiah Kecerdasan Spiritual pertama kali dicetuskan oleh Donah Zohar dari Harvard University dan Ian Marshall dari Oxford University, yang diperoleh berdasarkan penelitian ilmiah yang sangat komprehensif.  Pada tahun 1977 seorang Ahli Syaraf, V.S Ramachandran bersama timnya menemukan keberadaan God Spot dalam jaringan otak manusia dan ini adalah pusat spiritual ( spiritual center) yang terletak diantara jaringan syaraf dan otak.

Dari spiritual center ini menghasilkan suara hati yang memiliki kemampuan lebih dalam menilai suatu kebenaran bila dibandingkan dengan panca indra.

Ada Tiga prinsip dalam kecerdasan Spiritual yaitu :

🍀Prinsip Kebenaran

🍀Prinsip keadilan

🍀Prinsip kebaikan

D. Kecerdasan Menghadapi Tantangan  (Adversity Intelligence)

Kemampuan untuk mengubah hambatan menjadi peluang.

Ada tiga tipe  menurut Stoltz yaitu :

1.  Quitters adalah kemampuan seseorang yang memilih untuk keluar, menghindari kewajiban, mundur dan berhenti bila menghadapi kesulitan.

2. Campers adalah kemampuan seseorang yang pernah mencoba menyelesaikan suatu kesulitan, atau sedikit berani menghadapi tantangan, tatapi tidak berani menghadapi resiko secara tuntas.

3. Climbers adalah sebutan untuk orang yang seumur hidup selalu menghadapi kesulitan sebagai suatu tantangan dan terus berusaha untuk menyelesaikan hambatan tersebut hingga mencapai suatu keberhasilan.

Kecerdasan Intellektual : Membuat anak pandai, sehingga bisa menjadi sarana meraih kebahagiaan hidup yang penuh kesenangan (pleasant life). Seperti masuk universitas ternama, mendapat pekerjaan dan jabatan yang tinggi. Memiliki rumah, mobil dan kesenangan materi yang lain.

Kecerdasan Emosional : membuat anak bisa mengenali dan mengendalikan emosi diri serta emosi orang lain. Kecerdasan ini sangat diperlukan agar seseorang bisa mencapai taraf kebahagiaan di ranah nyaman ( good life), karena kebutuhan jasmani, rohani dan spiritualnya terpenuhi.

Kecerdasan Spiritual : membuat hidup penuh arti, anak akan mampu memberi makna pada kehidupan, dan paham apa misi Allah menciptakan diri kita di dunia ini. Membuat anak berpikir secara luas makna sebuah kesuksesan. Hal ini akan mendorong anak-anak mencapai kebahagian hakiki yaitu kehidupan penuh makna ( meaningful life).

Kecerdasan Menghadapi Tantangan : Menentukan seberapa tangguh anak ini untuk mencapai tingkat kebahagiaan hidup yang dia inginkan.

Terlampir beberapa indikator kecerdasan anak yang bisa kita jadikan acuan unt mendampingi perjalanan kita mendidik mereka.

Selamat melatih kecerdasan anak-anak, sehingga mereka bisa menemukan jalan sukses dan bahagianya.

Salam Ibu Profesional,

/Tim Fasilitator Bunda Sayang/

Sumber Bacaan :

Stoltz, Paul G, PhD, 1997 Adversity Quotient, Mengubah hambatan menjadi Peluang, Jakarta , Grasindo

Melva Tobing, MPsi, Daya Tahan Anak Hadapi Kesulitan, Jakarta

D. Paul Reily, “Success is Simple”, Gramedia, Jakarta

Lela Swell, Success, Grasindo, Jakarta

Martin Selligman, Authentic Happiness, Jakarta      

Cemilan Rabu Bunsay #2 : Ciri Anak Mandiri dan Tahapan Perkembangan Kemandirian

Kemandirian anak usia dini berbeda dengan kemandirian remaja ataupun orang dewasa. Jika pengertian mandiri untuk remaja dan orang dewasa adalah kemampuan seseorang untuk bertanggung jawab atas apa yang dilakukan tanpa membebani orang lain, sedangkan untuk anak usia dini adalah kemampuan yang disesuaikan dengan tugas perkembangan.

Adapun tugas-tugas perkembangan untuk anak usia dini antara lain belajar berjalan, belajar makan, berlatih berbicara, koordinasi tubuh, kontak perasaan dengan lingkungan, pembentukan pengertian, dan belajar moral.

Empat ciri kemandirian anak yang perlu diketahui:
1. Anak dapat melakukan segala aktivitasnya secara sendiri meskipun tetap dengan pengawasan orang dewasa.
2. Anak dapat membuat keputusan dan pilihan sesuai dengan pandangan, pandangan itu sendiri diperolehnya dari melihat perilaku atau perbuatan orang-orang di sekitarnya.
3. Anak mampu bersosialisasi dengan orang lain tanpa perlu ditemani orang tua.
4. Anak bisa mengontrol emosinya bahkan dapat berempati terhadap orang lain.

Lima tahapan perkembangan kemandirian anak yaitu:
1. Anak mampu mengatur kehidupan dan diri anak sendiri, misalnya: makan, ke kamar mandi, mencuci, membersihkan diri, dan memakai pakaian sendiri.
2. Anak bisa melaksanakan ide-ide anak sendiri dan menentukan arah permainan.
3. Anak bisa mengurus hal-hal yang ada dalam rumah dan bertanggung jawab terhadap sejumlah pekerjaan domestik, mengatur bagaimana menyenangkan dan menghibur diri sendiri dalam alur yang diperbolehkan, dan mengelola uang saku sendiri.
4. Anak bisa mengatur diri sendiri di luar rumah, misalnya di sekolah, menyelesaikan pekerjaan rumah, menyiapkan segala keperluan kehidupan sosial di luar rumah.
5. Anak mampu untuk mengurus orang lain baik di dalam rumah maupun di luar rumah, misalnya menjaga adiknya ketika orang tua sedang mengerjakan sesuatu yang lain.

Dalam mendidik anak mandiri ini dibutuhkan kesabaran dan pengetahuan yang cukup.  Jangan lupa bahwa anak bukanlah miniatur orang dewasa.  Oleh karena itu anak tidak boleh dituntut menjadi orang dewasa sebelum waktunya.

Salam Ibu Profesional,
/Tim Fasilitator Bunda Sayang/


 Sumber bacaan :

http://www.al-maghribicendekia.com/2013/09/ciri-anak-mandiri-dan-tahapan

Status

Game BunSay #2 : Hari 2

20170712_123341

Jadi, dengan teknologi masa kini yang dinamakan Whatss App akhirnya bikin broadcast untuk ngejual produk satu ini.

Curhat: jujur deh, sebagai yang jual saya juga ngaku kok kalau selai cokelat ini emang enak. Rasa cokelat plus ada kres kres nya. Hmm… sedappp…

Target pertama ke tetangga aja dulu dalam lingkungan RT. Eh Alhamdulillah ada 3 yang beli. Lumayanlaahh, Alhamdulillah.

Berikutnya harus mikir lagi strategi penjualan selanjutnya. Selai cokelatnya masih banyak uyyyy :”)

Ps: Yang mau beli asalkan masih daerah Jabodetabek silahkan hub saya melalui komentar di bawah ini yaaa 😀

#Hari2

#Level2

#BunSayIIP

#MelatihKemandirian

#Tantangan10Hari