Status

Game Kelas BunSay: Level 1

Hari 6

Hari Keenam

Jarang-jarang saya sama suami gosipin artis. Bener-bener jarang banget.

Sebenarnya semua ini salah televisi yang pagi-pagi udah menyiarkan berita gossip yang enggak jelas. Heran deh, bulan puasa tapi televisi getol banget nyebarin berita gossip pagi-pagi. Jadi jangan salahkan saya kalau tiba-tiba suami enggak sengaja nonton salah satu berita gossip itu.

Jadi kebetulan pas di pagi hari tv lagi menyiarkan berita salah satu artis (katanya sih tapi saya enggak kenal artis itu) yang meninggal. Tragisnya si artis meninggal tidak dalam keadaan tenag, tapi orang tuanya bertengkar di depan jenazah anaknya. Pasalnya apa? Tiada lain karena orang tuanya beda agama sehingga mereka berebut bagaimana caranya menguburkan jenazah anak mereka.

Enggaakk…saya gak bakal ceritain gimana kelanjutan kasus itu. Secara pertama, ini bukan blog gossip selebriti. Dan kedua, ada banyak hal lain yang lebih penting untuk ditulis.

Jadi cerita uniknya adalah, jarang-jarang kami ngomentarin gossip receh begituan. Malahan sambil menerapkan poin komunikasi BunSay! Woww…emejing!

Pas habis dengerin gossip itu saya sama suami ngobrol, face to face sambil menerapkan intensity of eye contact. Enggak lupa didukung dengan kaidah 7-38-55 dengan badan tegap dan wajah serius.

“Kasihan ya,” komentar suami.

Karena saya emang enggak connect dengan berita gossip itu saya harus clear and clarify supaya enggak miskomunikasi, “Hah? Emang ceritanya apa sih?”

Akhirnya suami dengan sangat sabar menceritakan ulang berita gossip dari tv itu. Saya? Cuma bisa bengong. Jarang-jarang suami serius banget dengerin berita gossip.

Setelah selesai bercerita suami saya langsung menanyakan pendapat saya. Ah, disinilah saya paham kenapa bahasa tubuh suami mendadak serius. Kalau topik pembicaraan mengenai agama pasti suami bakal pasang sikap serius, sadar atau enggak.

Yah, disini saya gak bakal bahas bagaimana “hangatnya” diskusi kami. Tapi yang pasti poin penting komunikasi BunSay sungguh sangat bermanfaat dalam situasi ini.

Karena kami diskusi mengenai agama otomatis poin-poin clear and clarify, kaidah 7-38-55 dan intensity of eye contact berguna sekali untuk menjaga komunikasi kami dari gagal atau enggak connect. Mengenai choose at the right time? Hmm…mungkin sesuai karena pas banget kami diskusi di pagi hari setelah berita gossip itu di kabarkan. Dengan kata lain masih update untuk kami walaupun kata orang itu berita basi.

Nah, untuk poin I’m responsible for my communication result…hmmm… mikir-mikir dulu deh. Soalnya apanya yang mau dipertanggungjawabkan? Berita gosipnya? Lah, kami gak punya hubngan apa-apa sama si artis itu. Mengenai masalah diskusi agamanya? Alhamdulillah kok kami sama-sama muslim jadi harusnya enggak ada masalah. Palingan yang perlu diwaspadai kalau suatu saat kami punya anak didikannya harus benar-benar kuat agamanya biar enggak kejadian kayak kasus si artis itu. Nah, karena poin ini enggak terlalu yakin dalam diskusi agama jadinya saya pikir ini enggak masuk poin pencapaian hari ini.

But still semua yang terjadi itu selalu bisa dijadikan bahan renungan dan pelajaran. Meskipun kasus itu adalah gossip selebriti tapi sebagai manusia yang berakal kita harus selalu bisa menjadikan apapun sebagai bahan renungan kan?

Dan terutama untu kelas BunSay ini, bisa dijadikan topik pelajaran komunikasi yang efektif 😛

Semoga berikutnya komunikasi yang efektif masih terus berlanjut. Amin.

#level1

#day6

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Status

Game Kelas BunSay: Level 1

Hari 5

Hari Kelima

Jadi, sebenernya saya suka banget sama bakwan. Itu asli, gak bohongan! Malahan dulu saya sempet dijulukin Miss Bakwan waktu di kampus gegara cemilannya bakwan melulu. Apalagi pas bulan puasa ini, setiap suami mau beli sesuatu buat cemilan buka puasa pasti dia bakal beliin bakwan buat saya. Huhu, makasih banget suamiku. Love you so much~

Nah, cerita kali ini bermula saat azan maghrib sudah berkumandang. Kami sudah makan kurma, kami sudah minum air. Kami duduk saling berhadapan dan di depan kami ada bungkusan gorengan. Tepatnya isinya adalah dua bakwan dan dua risol isi mayones.

Normalnya jatahnya pasti masing-masing orang dapat satu jatah bakwan dan risol. Tapi kali ini agak beda, karena kayaknya suami lagi pingin makan risol. Sebelum makan dia nanya dulu, “Say, kamu mau risol juga enggak?”

Enggak biasanya suami nanyain begitu, makanya saya pikir dia lagi pingin makan dua risol. “Emang kenapa? Mau makan risolnya dua?” Aku nanya sambil wajah serius dan menatap mata sang suami tercinta. Pas banget lagi inget poin BunSay.

Suami diam dulu, kayaknya sih mikir-mikir. Tapi berikutnya dia malah bilang, “Gak usah deh. Kayak biasa aja,” maksudnya kami makan satu risol dan satu bakwan. Tapi aku langsung bilang, “Gak papa sih kalau kakak lagi mau makan dua risol. Dita berarti makan dua bakwan,” aku berusaha menjelaskan sambil menatap mata suami. Tapi suami malah bilang enggak jadi dan kekeh ke jatah yang normal. Walhasil kami makan jatah satu bakwa dan satu risol.

Terus habis itu?

Gak ada apa-apa sih. Habis itu kami sholat Maghrib. Hehehe.

Nah, mari saatnya menelaah komunikasi kami. Dan hei, saya terkejut ternyata suami menerapkan clear and clarify dan choose the right time pada komunikasi kami. Karena pas banget suami nanyain keinginan saya pas sebelum makan gorengan. Respon itu saya sambut dengan kaidah 7-38-55 dimana saya langsung respon pertanyaan suami dengan semsetinya, yaitu menatap wajahnya dan tubuh tegak. Poin itu juga didukung dengan intensity of eye contact menyebabkan tidak ada miskomunikasi antara saya dan suami. Dan semuanya berakhir dengan baik tanpa adanya masalah hasil komunikasi. Jadinya bisa dikatakan poin I’m responsible for my communication result juga tercapai dengan baik kan?

Alhamdulillah komunikasi kali ini berjalan dengan lancar dan suami juga ikut menerapkan poin komunikasi penting BunSay. Iyalah…dia kan juga suka ngintip semua materi IIP 😛 dan alhamdulliah semuanya berkahir dengan baik. Tidak perlu miskomunikasi seperti yang pernah terjadi di depan penjual takjil 😛

Semoga komunikasi lancar ini In Shaa Allah bisa terus berjalan. Amin.

#level1

#day5

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Status

Game Kelas BunSay: Level 1

Hari 4

Hari Keempat

Hari ini aku berantem sama suami!

Duh…sebenernya itu terlalu lebay sih. Bukan berantem sebenernya tapi mungkin bisa dibilang adu pendapat di saat yang enggak tepat. Dan masalahnya juga masalah yang sepele banget.

Cuma mengenai masalah bakwan dan kantong plastik! Nah loh!

Jadi ceritanya gini… (backsound eng ing enggg…)

Pas banget stok kurma habis dan karena berhubung udah sore dimana banyak banget yang jualan takjil, akhirnya saya sama suami naik motor pergi ke langganan jualan kue-kue dan gorengan. Maklum selama bulan puasa ini kebetulan yang jual juga stok jualan kurma jadinya kami sekalian juga beli kesana.

Pas nyampe di tempat jualan saya buru-buru ngambil kurma. Kurmanya emang lumayan gede karena beratnya 1 KG dan dikotakin dengan kotak karton. Plastik besar entah ada dimana, yang pasti ada di luar jangkauan saya. Dengan situasi kayak begitu otomatis saya Cuma bisa megang aja tuh kotak isi kurma.

Suami datang nyusul sambil bawa plastik ukuran kecil dan mulai masukin beberapa gorengan. Kebetulan saya lagi berdiri dekat tempat bakwan makanya saya ambil beberapa bakwan buat ditaruh di plastik yang dipegang suami.

Susah? Banget. Kotak kurmanya agak gede makanya agak lumayan repot juga mau ngambil bakwan.

Untung aja penjualnya ngeliat saya yang agak repot makanya disodorinlah plastik lumayan gede buat kotak kurma ke suami.

Nah, masalahnya ada disini. Tangan saya penuh! Tangan kiri megang kotak kurma dan tangan kanan megang bakwan. Saya pikir gak enaklah bakwan udah dipegang tangan masa ditaruh lagi di kotakannya makanya saya mau masukin dulu bakwan ke plastik yang dipegang suami.

Sayangnya suami justru malah ngulurin plastik buat kurma ke saya dan dia berusaha buat buka tuh plastik biar masukin kurma. Ada dua masalah disini: satu, plastiknya harus diesek-esek dulu biar bisa kebuka. Dan dua, tangan suami juga penuh karena satu lagi megang plastik gorengan.

Saya berusaha meraih plastik gorengan dulu. Prinsipnya yang gampang dulu diselesaiin dan dalam kasus ini maksud saya adalah masukin dulu bakwannya ke plastik. Nah, pas tangan udah kosong saya bisa lebih enak buka plastik buat kurma. Tapi rupanya suami kekeh saya harus masukin kotak kurma yang lumayan gede itu duluan ke plastik sementara saya masih berusaha ngeraih plastik gorengan yang ada di tangan suami.

Kalau orang lain yang ngelihat pasti kami kelihatan konyol banget. Itu pasti!

Mungkin karena udah gak sabar suami akhirnya melototin saya dan ngebentak saya di depan umum. Suara bentaknya agak kecil sih tapi tetep aja, di depan umum.

Saya juga yang agak capek dan kaget juga refleks langsung melotot dan dengan nada tegas langsung bilang, “Masukin bakwannya dulu biar gampang!”

Suami sadar karena jarang-jarang saya melotot dan langsung ngebales ucapan dia. Biasanya kalau suami udah ngomong serius saya paling cuma diem ngedengerin aja.

Nah, terbukti. Gak ada satu menit bakwan sudah manis tersimpan di plastik dan kotak kurma juga udah ada di dalam plastik. Pas setelah itu suami bilang, “Kita satu sama. Aku ngebentak kamu di depan umum, kamu ngebentak aku di depan umum.”

Nah, dari sini saya coba menelaah bagian apanya dari poin BunSay yang bikin komunikasi gagal.

  1. Clear and Clarify

Kalau ini sih hasilnya jelas…GAGAL TOTAL! Iyalah. Kalau poin ini berjalan baik mungkin kami berdua gak perlu pose aneh rusuh cuma buat masukin bakwan ke kantong plastik

  1. Choose the right time

Nah, apalagi ini. Huhu…kami rusuh di luar rumah. Tepatnya di depan jualan takjil. Sungguh bukan waktu yang tepat banget.

  1. Kaidah 7-38-55

Hmmm, tatapan mata yang tegas, tubuh dalam posisi tegap dan nada bicara yang serius dan agak keras. Pas banget bisa bikin saya dan suami jadi memantapkan fokus ke masing-masing pihak setelah kami mulai BT dengan situasi yang terjadi. Jadi…berhasil? Mungkin?

  1. Intensity of eye contact

Apa pelotot-pelototan masuk ke dalm poin ini? Er….sungguh sulit. Tapi seenggaknya kami jadi saling serius sih.

  1. I’m responsible for my communication result

Kalau ini jelas, hasilnya bakwa dan kurma sama-sama bisa masuk plastik. Terus kami baikan deh…berpelukaaaannn 😀

Huhu….banyak gagalnya. Tapi it’s ok. Saya jadi paham bahwa dalam situasi yang tidak mendukung komunikasi bisa cenderung gagal bahkan emosi bisa meledak. Sewaktu dipikir-pikir lagi mungkin salahnya di poin clear and clarify padahal poin ini penting banget buat kelancaran komunikasi. Kalau komunikasi lancar tentu aja kami gak bakal ada drama di depan tukang takjil.

Tapi gak papa…kalau enggak ernah gagal gak bakal pernah paham kan? Jadinya lebih baik saya fault celebration sambil makan bakwan dan kurma.

Moga-moga depannya bisa lebih baik lagi. Amin.

#level1

#day4

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Status

Game Kelas BunSay: Level 1

Hari 3

Hari Ketiga

Yes! Hari ketiga sudah dimulai dengan komunikasi yang moga-moga sukses dan sedang dalam masa pembiasaan diri.

Jadi ceritanya… (backsound eng ing engggg….)

Hari ini nelepon orang tua. Biasanya sih setiap sebulan dua kali dijadwalin selalu nginep dua hari satu malam di rumah orang tua dan rumah mertua. Cuma karena sebulan kemarin belum nginep dimana-mana walhasil cuma bisa telpon-telponan plus chat app WA.

Nah kali ini saya nelepon orang tua, nanya kabar sekaligus ngobrol ngalor ngidul sama saudara. Sekali nelepon palingan cuma makan waktu sepuluh menit paling lama. Nah loh, disini saya sadari tenyata saya sudah menerapkan prinsip to the point dan clear and clarify ke keluarga saya.

Ok Next…seperti yang sudah saya ceritain di edisi lalu (#bah edisi lalu :v) saya adalah tipe yang selalu cerita apa aja ke suami. Walaupun sebenarnya suami juga ikut ngobrol ke orang tua lewat telepon tetap aja ada poin-poin yang diobrolin suami sama orang tua beda dengan obrolan saya.

Mengingat kemarin lumayan capek juga harus ngulangin cerita saya ke suami gegara dia belum connect akhirnya saya ingat-ingat dulu poin komunikasi efektif kelas BunSay. Pertama, choose the right time.

Habis nelepon adalah waktu yang tepat. Suami lagi santai dan baru aja selesai telepon. Perfect timing, kan?

Poin kedua, clear and clarify. Sejauh ini sih sukses karena saya gak perlu ngulangin cerita saya dan suami bisa ksih pertanyaan dan respon yang sesuai.

Poin ketiga, intensity of eye contact. Ini refleks aja sih sewaktu ngobrol kami saling pandang mata. Mungkin karena poin ini terpenuhi makanya poin komunikasi yang sebelumnya juga berjalan lancar.

Terakhir, I’m rensposible for my communication results. In Shaa Allah ini juga sukses, secara komunikasi kami berjalan dengan baik dan respon komunikasi juga berjalan lancar. Malahan jadi menghasilkan jadwal kunjungan nginap ke rumah orang tua. Istilah kerennya tak ada dusta di antara kami karena komunikasi sukses. Yes!

Alhamdulillah komunikasi kali ini berjalan lancar karena saya dan suami berusaha mematuhi poin-poin komunikasi efektif sehingga obrolan berjalan dengan lancar tanpa adanya miskomunikasi dan gagal connect. Malahan dengan komunikasi gaya begini kami gak perlu wasting time dan galau gegara gagal paham dengan obrolan satu sama lin.

Yes! In Shaa Allah kali ini udah sukses. Moga-moga gaya komunikasi ini bisa dipertahanin. Amin.

#level1

#day3

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Status

Game Kelas BunSay: Level 1

Hari 2

Hari kedua

Saya adalah tipe orang yang kalau pingin cerita pasti bakal langsung cerita. Gak peduli waktu dan tempat.

Misalnya maghrib kali ini.

Pas banget setelah buka puasa, saya keinget dengan suatu hal dan langsung saya ceritain ke suami saya. Padahal suami lagi siap-siap buat sholat maghrib di mesjid. Suami sedang pakai baju koko dan saya berdiri di sampingnya, bercerita. Alhasil adalah suami belum connect dengan  cerita saya dan ia menyuruh saya mengulangi cerita saya.

(efek backsound suara bom)

Saya langsung diam dan langsung mengingat pelajaran komunikasi dari kelas Bunda Sayang.

(efek backsound suara jangkrik bunyi)

Pas banget saya langsung ingat dengan poin choose the right time. Pas disini saja saya sudah salah banget timing ceritanya. Tapi karena suami udah keburu kasih perhatian ke saya makanya saya ulang lagi cerita saya. Kali ini In Shaa Allah saya sukses di poin clear and clarify.

Dan berhubung suami lagi buru-buru mau ke masjid, makanya saya pakai poin keep it short and simple. Yes! Kali ini sukses karena satu kali mengulang cerita suami langsung memberi komentar yang sesuai.

Jadi kesimpulan hari ini adalah saya jadi sadar kalau cerita harus lihat waktu dan tempat biar enggak capek ngulangin cerita yang sama 😛

Dan terbukti menggunakan metode KISS saya juga gak terlalu capek kalau perlu berkomunikasi. Selama ini memang kalau saya ngobrol sama suami kadang ceritanya suka melantur kemana-mana akhirnya malah jadi cerita yang panjang, padahal intinya pendek.

Jadi dengan kasus ini saya langsung dapat tiga hal bersamaan:

  1. Keep it short and simple
  2. Clear and clarify
  3. Choose the right time

Berhubung yang berhasil kali ini ada dua poin dari satu poin, maka saya merayakan keberhasilan kali ini dengan makan kolak pisang 😛 sisanya yang gagal harus lebih direnungkan, yaitu kalau mau cerita harus lihat-lihat waktu dan tempat!

#level1

#day2

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Status

Game Kelas BunSay: Level 1

Saya takut dimarahi.

Karena faktor dibesarkan oleh keluarga yang cukup keras dan hukuman berupa sedikit-sedikit dimarahi tanpa diberi penghargaan menjadikan saya jadi pribadi yang takut untuk dimarahi. Bukan berarti saya takut untuk bertanggung jawab. Kalau misalnya saya memang melakukan suatu kesalahan dan merugikan pihak lain saya akan dengan lapang hati melakukan hal yang disebut bertanggung jawab.

Tapi saya cuma takut jika harus dimarahi. Pengalaman hidup sejak kecil membuktikan dimarahi itu adalah hal yang sangat mengerikan. Jauh lebih mengerikan walaupun menonton film horor tingkat apapun atau hal-hal menakutkan apapun.

Karena itulah bersama suami, kami membuat prinsip tidak boleh ada kebohongan diantara kami. Benar atau salah bukanlah hal yang penting. Kejujuran jauh lebih dihargai daripada masalah sepele benar dan salah. Karena kejujuran dituntut untuk lebih bertanggung jawab dengan keputusan yang diambil saya merasakan kejujuran itu adalah hal yang sangat sulit. Karena kalau bohong tinggal lempar batu sembunyi tangan, tapi untuk jujur itu merupakan level yang lain. Apalagi kalau masa kecilnya tidak pernah mengalami hal yang namanya penghargaan tapi kritikan dan dimarahi terus-terusan, wajar kan kalau setiap keputusan yang diambil saya merasa ragu-ragu hanya karena takut dimarahi?

Karena itulah dalam 10 hari ini saya mencoba menerapkan prinsip I’m responsible for my communication. Intinya saya harus bertanggung jawab dalam hal apapun dengan mengatakan hal yang sebenarnya kepada suami saya.

.

.

.


Hari 1

Hari pertama kami mencoba berlatih bertanggung jawab atas komunikasi kami, belum banyak hal yang bisa berubah. Yah, perubahan tidak bisa langsung mendadak, kan? Perlu proses.

Tapi setelah menerapkan kejujuran saya merasakan beban mental saya jauh lebih ringan dibandingkan jika harus berbohong. Dan sebenarnya ini melegakan. Saya tidak harus merasa berat karena sudah berbohong. Tidak perlu harus mendenda diri sendiri karena sudah berbohong dan berbagai perasaan negatif lainnya yang melanda hati. Setelah berkata jujur saya bisa merasakan kelegaan dan ketenangan.

Apalagi didukung oleh suami yang berjanji tidak akan marah walau apapun yang terjadi, asalkan saya harus bicara jujur!

Misalkan pada hari pertama ini, jatah uang mingguan kami sudah habis karena memang ada banyak keperluan yang harus dibeli sementara harga sembako meroket. Kalau dulu sebelum menikah saya katakan kepada keluarga saya bahwa saya kehabisan jatah uang mingguan pasti saya akan diceramahi, padahal apa yang saya beli memang sebuah kebutuhan.

Sementara ketika suami menanyakan jatah uang mingguan saya hanya bisa terdiam dan memasang wajah bersalah. Jujur, pengalaman dimarahi orang tua masih membayang sehingga saya takut kalau suami juga ikut-ikutan marah. Tapi suami mendesak dan akhirnya saya bicara jujur. Suami memahami, namanya juga butuh mau gimana lagi, dan justru menambah jatah uang mingguan.

Hati langsung terasa lega dan plong, karena suami tidak marah dan jatah uang mingguan ditambah 😛

Alhamdulillah saya bisa bicara jujur ketika ada masalah sehingga saya tidak perlu stress sendiri menghadapi masalah. Memang sih setelah itu saya diingatkan secara baik-baik oleh suami untuk lebih bisa manage keuangan lebih baik, tapi respon ini lebih bisa saya terima dibandingkan harus dimarahi atau diceramahi. Yah setidaknya inillah buah dari kejujuran saya, saya harus lebih bertanggung jawab untuk menjalankan tugas rumah tangga.

Hahahaha, masih hari pertama dan jalan buat belajar masih panjang…

In syaa Allah semoga tetap istiqomah. Amin.


#level1

#day1

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

BunSay#1 : Komunikasi Produktif, Komunikasi Efektif

Cemilan Rabu #1 
31 Mei 2017

Seberapa pentingnya komunikasi? Dari komunikasi, orang dewasa dan anak-anak belajar tentang agama, values, dan sebagainya. Komunikasi juga menentukan konsep diri anak/ self concept yang nantinya akan menentukan harga diri/ self value dan percaya diri/ self confidence anak. Inilah mengapa materi Komunikasi Produktif menjadi awal dari segala materi.

Kunci dalam komunikasi ialah perasaan.  Jika ingin nasehat atau pesan kita diterima oleh orang lain terutama anak kita, yang diperlukan ialah memahami perasaannya terlebih dahulu. Karena pada dasarnya, manusia memiliki lima kebutuhan dasar dalam komunikasi yaitu agar perasaannya Di dengar, Di kenali, Di terima, Di mengerti, dan Di hargai (5D) yang merupakan kunci komunikasi.

Kadang secara tidak sengaja kita salah berbicara kepada anak untuk mendapatkan hasil instan (misal: agar anak cepat diam dari tangisnya). Kesalahan Komunikasi ini menimbulkan dampak yang disebut dengan Verbal Abuse, meski terjadi secara tidak sengaja tetapi hal ini dapat merusak jiwa anak dan efeknya baru terlihat dalam jangka panjang.

Berikut akibat kesalahan komunikasi pada anak:
♻ Melemahkan konsep diri
♻ Membuat anak diam, melawan, tidak perduli, sulit diajak kerjasama
♻ Menjatuhkan harga dan kepercayaan diri anak
♻ Kemampuan berfikir menjadi rendah
♻ Tidak terbiasa memilih dan mengambil keputusan bagi diri sendiri
♻ Iri
♻ Menjadi generasi yang BLAST (teori Mark Kaselmen) merupakan singkatan dari Boring-Lonely-Angry/Afraid-Stress-Tired yang akhirnya mengakibatkan beberapa penyimpangan sosial.

Selain kata-kata, yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi ialah bahasa tubuh. “Action is louder than words

Lalu bagaimana cara berkomunikasi yang baik, benar dan menyenangkan pada anak ? (Langkah-langkah berikut ini pada dasarnya bisa digunakan kepada siapa saja lawan bicara kita)

1. Jangan bicara tergesa-gesa
Siapa yang tidak pernah merasa bahwa waktu sempit atau sedikit? Tapi bicara tergesa-gesa akan membuat pesan yang kita sampaikan gagal diterima otak anak. Hindari bicara tergesa-gesa,  apalagi sambil marah-marah dengan muka garang tanpa senyum. Bahkan jika bisa, cobalah tersenyum. Senyum dapat mengaktifkan hormon seretonin yang membuat kita merasa senang. Ingat, jika perasaan senang, otak bisa menyerap lebih banyak!

2. Ingat: Setiap pribadi unik
Hargai setiap pribadi lawan bicara kita. Allah telah menciptakan setiap manusia unik dan berbeda-beda (lihat QS 3:6), maka jangan samakan dirinya dengan kita apalagi orang lain.

3. Kenali diri sendiri dan anak
Kebanyakan orang yang belum mengenal diri masih terpaku dengan rutinitas.
Masih ingat aktifitas dinamis? Orang yang telah banyak mengelola aktifitas dinamis bisa jadi telah lebih dulu mengenal siapa dirinya (be do have). Sehingga mereka cenderung mudah memanage diri, waktu dan kondisi di sekitar mereka.

Karena itu, ambillah waktu untuk mengenali diri sendiri dan anak atau siapapun orang terdekat kita. Dengan lebih mengenal anak, akan lebih mudah kita berkomunikasi dengannya. Sisihkan waktu tertentu untuk bisa berduaan hanya dengan anak/pasangan.

4. Pahami perbedaan needs dan wants
Setiap pribadi unik, begitu juga dengan kebutuhan (needs) dan kemauan (wants) -nya. Bedakan kebutuhan dan kemauan kita dengan anak. Misalnya, anak mau bermain terus, namun ia butuh mandi atau makan. Coba pahami kemauannya, selami dunianya, baru kemudian beritahu anak apa yang sesungguhnya menjadi kebutuhannya.

5. Pahami “Masalah Siapa?”
Siapa yang sebenarnya memiliki masalah? Saya atau anda? Kadang, kita mencampurkan masalah kita dengan orang lain, atau masalah orang lain dengan kita. Sebelum berkomunikasi, analisa siapakah yang bermasalah? Apakah perlu dibantu atau tidak? Misal ketika anak dihadapkan pada suatu masalah, ini adalah kesempatan anak untuk berpikir, memilih, dan mengambil keputusan (BMM). Jika anak dibimbing untuk membuat pilihan dan mengambil keputusan, ia akan tumbuh menjadi anak yang mandiri dan bertanggung jawab.

6. Baca bahasa tubuh
Bahasa tubuh lebih nyaring dari kata-kata. Dalam komunikasi 55% berisi bahasa tubuh, 38% nada suara dan sisanya hanya 7% yang ditentukan oleh kata-kata. Karena itu, bahasa tubuh tidak pernah bohong. Baca bahasa tubuh anak untuk mengerti apa yang ia rasakan.

7. Dengarkan Perasaan
Kunci komunikasi ialah perasaan. Maka cobalah dengar perasaannya dengan menebak apa yang sedang ia rasakan dari bahasa tubuhnya. Misalnya, “Adik sedang kesal/marah/jengkel ya?”, “Adik sedih ya karna mainannya hilang?”. Dengan menerima perasaan anak, anak mau membuka diri, mengeluarkan emosi dan masalahnya. Dengan mengetahui apa masalahnya, kita dapat membantu anak untuk menyelesaikan masalah tersebut.

8. Mendengarkan dengan aktif
Jadilah cermin ketika anak bercerita tentang masalahnya. Tunggu dan eksplore perasaannya hingga tuntas, dan berikan respons yang sesuai seperti, “Oooh.. Begitu ya?” “Terus?” “Kamu kesal sekali ya?”. Sediakan ruang bagi emosinya. Jika emosinya sudah mengalir, maka korteks otaknya siap bekerja. Selanjutnya, anak akan lebih mudah menerima informasi dan pesan dari kita.

9. Hindari 12 gaya populer (parenthogenic)

Tanpa kita sadari, secara turun temurun 12 gaya komunikasi ini sering kita gunakan dalam percakapan sehari-hari. Ketika anak sedang atau tidak bermasalah pun, jika kita sering meresponnya dengan menggunakan 12 gaya populer ini, anak akan merasa TIDAK percaya dengan emosi atau perasaannya sendiri.

Berikut ialah contoh-contoh 12 gaya populer:

1⃣Memerintah,
contoh: “Mama tidak mau dengar alasan kamu, sekarang masuk kamar dan bereskan kamarmu!”

2⃣Menyalahkan,
contoh: Ketika anak tidak bisa mengerjakan soal PRnya, ayah berkata, “Tuh kan. Itulah akibatnya kalau kamu tidak mendengarkan Ayah dan malas belajar”

3⃣Meremehkan,
contoh: “Masak pakai sepatu sendiri saja tidak bisa, bisanya apa dong Kak?”

4⃣Membandingkan,
contoh: “Kok kamu diminta naik ke panggung saja tidak mau sih Kak, tuh lihat Andi saja mau”

5⃣Memberi cap,
contoh:”Dasar anak bodoh, disuruh beli ini saja salah!”

6⃣Mengancam,
contoh: “Kalau kamu tidak mau makan lagi, kamu tidak akan dapat uang jajan selama seminggu!”

7⃣Menasehati,
contoh: “Makanya, kalau mau makan cuci tangannya dulu, nak… Tangan kan kotor banyak kumannya…”

8⃣Membohongi,
contoh: “Disuntik tidak sakit kok nak, seperti digigit semut aja kok”

9⃣Menghibur,
contoh: Ketika adik menemukan bahwa es krim nya dimakan oleh kakaknya tanpa sepengetahuannya, bunda berkata, “Sudah ya sayang, besok bunda belikan lagi es krimnya, lebih enak dari yang dimakan kakak tadi”

🔟Mengeritik,
contoh: “Lihat tuh! Masak mengepel masih kotor dimana-mana begitu. Mengepelnya yang benar dong!”

1⃣1⃣Menyindir,
contoh: “Hmmm… Pintar ya? Sudah mandi, sekarang main tanah dan pasir lagi”

1⃣2⃣Menganalisa,
contoh: “Kalau begitu, yang mengambil bukumu bukan temanmu, mungkin kamu tinggalkan di tempat lain…”

Aha! makin banyak yang harus kita perbaiki ya, ayo lanjutkan tantangan 10 hari teman-teman, dengan kualitas komunikasi yang semakin bagus.

10. Gunakan “Pesan Saya”
Jika kita yang memiliki masalah terhadap anak, gunakanlah “pesan saya” atau “i-message” yaitu dengan:

“Ayah/Ibu merasa …. (isi perasaan kita) Kalau kamu …. (isi perilaku anak) Karena… (isi konsekuensi terhadap diri sendiri/orangtua/orang lain”

Contoh: “Ayah merasa marah kalau kamu tidak mendengarkan ayah bicara karena itu membuat ayah merasa tidak berharga“.

Pesan saya memisahkan antara masalah dengan diri anak. Bedakan dengan pesan kamu. Pesan kamu menggunakan kamu (yaitu anak) sebagai subjek masalah misalnya, “Kamu tidak pernah mendengarkan ayah!“. Dalam “pesan kamu”, anak tidak bisa membedakan mana masalahnya dan mana dirinya. Hal tersebut jika terus menerus dapat melemahkan konsep diri anak.

/Tim Fasilitator Bunda Sayang 2/


Sumber Informasi:
Catatan Seminar Elly Risman, artikel
Cemilan Rabu Bunda Sayang Batch #1